Kompas TV nasional news or hoax

Hoaks Cara Mengatasi Kebocoran Tabung Gas Dengan Merendamnya di Air | NEWS or HOAX

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 07:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar sebuah video dengan narasi cara mengatasi tabung gas yang bocor dengan merendamnya ke dalam air. Dalam video tampak asap dan gelembung udara keluar dari tabung gas. Penyebar  video mengkalim seluruh gas mampu keluar dengan direndam air dan mencegah terjadinya ledakan. Namun setelah dicek kebenaran mengenai informasi tersebut, video dan narasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya perilaku meredam tabung gas yang bocor ke dalam air adalah salah. Merendam tabung gas dalam air, apalagi pada area tertutup seperti kamar mandi, akan membuat gas terjebak dan tidak dapat keluar. Sehingga penumpukannya dapat mengakibatkan ledakan yang lebih dahsyat.

Pada tahun 2018, Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jaktim, Gatot Sulaiman, menjelaskan penanganan paling sederhana jika menemukan tabung gas bocor ialah dengan menaruhnya di tempat terbuka. Dengan begitu, gas yang keluar dari tabung akan bercampur dengan udara sekitar.

Adapun ledakan gas akibat merendamnya di air pernah terjadi di Kabupaten Cirebon. Dilansir dari kompas.com, peristiwa ledakan terjadi di Kabupaten Cirebon pada Oktober 2022 lalu. Peristiwa ini menyebabkan 16 sampai 20 warga mengalami luka bakar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x