Kompas TV nasional hukum

Dibongkar Provos, Ferdy Sambo Berkali-kali Bilang Pelecehan Seksual di Magelang Hanya Ilusi

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 10:59 WIB
dibongkar-provos-ferdy-sambo-berkali-kali-bilang-pelecehan-seksual-di-magelang-hanya-ilusi
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo berkali-kali bilang dugaan pelecehan seksual oleh mendiang Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J terhadap istrinya Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah, hanyalah ilusi.

Demikian pernyataan Ferdy Sambo itu diungkapkan Sesro Provos Divpropam Polri, Sugeng Putut Wicaksono dalam Berita Acara Pemeriksaan atau BAP.

Baca Juga: ART Ferdy Sambo Ungkap Brigadir J Selalu Dampingi Putri Candrawathi Pergi Kemanapun

Adapun BAP Sugeng itu dibacakan oleh jaksa penuntut umum atau JPU dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2022).

Dalam keterangannya, Sugeng mengatakan, Ferdy Sambo beberapa kali ngotot cerita pelecehan seksual yang dialami istrinya di Magelang adalah sebuah ilusi.

Adapun keterangan itu, kata Sugeng, disampaikan Ferdy Sambo setelah Biro Provos memeriksa Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Maruf.

Dalam pemeriksaan, ketiganya sempat menerangkan soal peristiwa pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi di Magelang.

Baca Juga: Sambo Ngotot Tak Perintahkan Eliezer Tembak Yosua, Pengamat: Upaya Lolos dari Pembunuhan Berencana

"Setelah beberapa hari (pemeriksaan Richard, Ricky dan Kuat), saksi beberapa kali diingatkan oleh terdakwa FS bahwa cerita di Magelang tersebut tidak ada, 'itu hanya ilusi'," kata jaksa membacakan BAP milik Sugeng.

Menurut Sugeng, Ferdy Sambo menyampaikan hal yang sama itu beberapa kali kepadanya. Termasuk pada tanggal 21 Juli 2022.

Waktu itu, Sugeng mengaku dipanggil oleh Ferdy Sambo untuk datang ke rumahnya. Ia dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Dalam percakapan itu, Ferdy Sambo disebut hendak berbicara mengenai masalah piket anggota Provos yang berjaga di rumahnya.

Baca Juga: Mabes Polri Jawab Gugatan Ferdy Sambo yang Tak Terima Dipecat: Siap Hadapi!

Namun, setelah berada di rumah Ferdy Sambo, ungkap jaksa, saksi Sugeng mengatakan arah pembicaraan saat itu lebih kepada permasalahan yang terjadi di Magelang.

"Setelah saksi bertemu dengan terdakwa Ferdy Sambo, pembicaraan saksi sebenarnya lebih terfokus pada permasalahan yang ada di Magelang, di mana terdakwa Ferdy Sambo menyampaikan bahwa 'sebenarnya tidak ada masalah yang terjadi di Magelang, semua cerita terkait peristiwa di Magelang tidak ada'," kata Sugeng dalam keterangan yang dibacakan jaksa.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x