Kompas TV nasional kesehatan

Covid-19 Varian Kraken di Indonesia Bertambah 4 Kasus, Total 6 Terdeteksi

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 16:01 WIB
covid-19-varian-kraken-di-indonesia-bertambah-4-kasus-total-6-terdeteksi
Ilustrasi - Kasus Subvarian Omicron XBB.1.5 atau Kraken di Indonesia hingga saat ini berjumlah tiga pasien. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 subvarian Omicron XBB.1.5 atau Kraken,  di Indonesia bertambah menjadi 6 orang dengan penambahan 4 kasus. Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menjelaskan penambahan ini pada konferensi pers secara daring, Senin (20/2/2023).

"Update informasi subvarian baru yaitu XBB 1.5 atau yang disebut dengan varian Kraken. (Sebelumnya) dua pasien sudah kita umumkan satu dari luar negeri (Polandia), dan kedua pulang umrah. Saat ini kami sampaikan ada penambahan 4 kasus," kata Syahril.

Baca Juga: Tiga Kasus Kraken di Indonesia Dialami Pelaku Perjalanan, Kemenkes: Vaksin Booster Turunkan Risiko

Empat pasien jelas Syahril tidak bergejala sementara dua orang bergejala ringan. Seorang pasien berdomisili di Banten, satu dari Kalimantan Timur, dan 4 berdomisili di DKI Jakarta.

"Sejak Desember 2022 ada 1 pasien. Di bulan Januari 5 pasien, jadi total 6 pasien. Hasil whole genome sequencing (WGS) keenam pasien ini dikerjakan di lab BKPK Kemenkes dan di lab BPOM RI," jelas Syahril.


 

Satu dari empat penambahan kasus baru adalah perempuan berusia 46 tahun dengan status ter-booster Sinopharm. Syahril menyatakan pasien ini telah sembuh.

Baca Juga: Kraken Jadi Nama Varian Baru Covid-19, Dikenal sebagai Monster Raksasa dalam Mitologi Skandinavia

"Pasien ini pada awalnya memang dia isoman, dan saat ini sudah dinyatakan sembuh," jelas Syahril.

Kemudian terdapat pasien perempuan berusia 22 tahun yang juga telah ter-booster. Selanjutnya, adalah pasien laki-laki berusia 47 tahun dan perempuan berusia 37 tahun.

"Keduanya saat ini masih proses penyelidikan epidemiologi," ucap Syahril.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x