Kompas TV nasional viral

Belum Terbitkan Yellow Notice, Dosen UII Disebut Masih Terlacak di Boston

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 06:17 WIB
belum-terbitkan-yellow-notice-dosen-uii-disebut-masih-terlacak-di-boston
Info orang hilang SPKT Polda DIY tentang dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama, Jumat (17/2/2023). (Sumber: Instagram Poldajogja)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Ahmad Munasif Rafie Pratama (AMRP) masih terlacak berada di Boston, Amerika Serikat (AS)

“Terakhir masih di Boston belum keluar dari Amerika,” ungkap Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Pol. Krishna Murti saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (21/2/2023), dikutip dari Antara.

Krishna menilai, dosen UII tersebut tidak bisa disebut sebagai hilang lantaran yang bersangkutan sudah memesan tiket pesawat Istambul-Boston sebelum berangkat dari Jakarta.

“Ada bukti elektronik yang bersangkutan memesan pesawat Istambul-Boston sebelum berangkat dari Jakarta,” katanya.

Jenderal bintang dua itu menerangkan, Rafie bukan pertama kali ke Boston. Dari hasil penelusuran yang dilakukan kepolisian yang berkoordinasi dengan KBRI di Oslo, Ankara dan AS terdapat sejumlah bukti otentik Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu masuk ke Boston tanggal 13 Februari.

“Kami punya list keluar masuk yang bersangkutan ke Amerika selama beberapa tahun terakhir, kurang lebih delapan kali kita dapatkan. Phd (gelar doktoral) nya juga kan di Amerika,” kata mantan Dirreskrimum Polda Metro Jaya itu.

Baca Juga: Polisi Ungkap Dosen UII Ahmad Munasir Pesan Tiket ke Boston sejak Masih di Jakarta

Rafie disebut pisah dari rombongannya dari Istanbul saat rombongan hendak pulang ke Jakarta ia tidak naik pesawat yang sama tapi keluar, transit untuk mengganti pesawat.

Hal itu dibuktikan dari check in yang dilakukannya. Kepolisian menyimpulkan, Dosen UII Yogyakarta tersebut mengubah rute kepulangannya tanpa memberitahukan kepada rekan-rekannya.

“Jadi sementara kami menganggap beliau merubah rute perjalanan dengan rutenya adalah Boston Amerika, dengan kepentingan yang kami tidak tahu. Sementara kami menganggap demikian,” tuturnya.

Belum Terbitkan Yellow Notice untuk Rafie



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x