Kompas TV nasional kesehatan

5 Fakta Diffuse Axonal Injury, Kondisi David Korban Penganiayaan Mario Dandy, si Anak Pejabat Pajak

Kompas.tv - 26 Februari 2023, 07:11 WIB
5-fakta-diffuse-axonal-injury-kondisi-david-korban-penganiayaan-mario-dandy-si-anak-pejabat-pajak
David di RS saat dikunjungi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas (Sumber: Instagram Menag Yaqut)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Bidang Cyber dan Media PP GP Ansor Ahmad Taufiq mengatakan Kondisi David (17), korban penganiayaan oleh Mario Dandy, anak eks pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu mengalami diffuse axonal injury.

Hingga Jumat (24/2/2024) sore, kondisi korban yang saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan disebut masih belum sadarkan diri.

"Menurut Dokter bahwa ananda David kena diffuse axonal injury," ujar Taufiq saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (24/2/2023).

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun sempat menjenguk David di rumah sakit. Ia mengaku remuk hati melihat kondisi anak pengurus GP Ansor tersebut.

"Sungguh pedih dan remuk hati melihat kondisi David akibat penganiayaan yang kejam dan keji," demikian keterangan Sri Mulyani melalui akun resmi Instagramnya, Sabtu (25/2).

Baca Juga: Sri Mulyani Prihatin dan Minta Maaf ke Orangtua David Korban Penganiayaan Anak Pejabat Pajak

Di sisi lain, Ahli psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan bahwa David akan membutuhkan waktu lama untuk pulih secara fisik dan juga psikis.

David disebut kemungkinan mengalami cedera psikis yang luar biasa akibat trauma dahsyat yang dia alami.

Fakta-fakta Diffuse Axonal Injury

1. Apa Itu?

Melansir Hopkins Medicine, diffuse axonal injury (DAI) adalah robekan serabut saraf penghubung panjang otak (akson) yang terjadi saat otak cedera yang biasanya menyebabkan koma.

DAI, juga dikenal sebagai cedera aksonal traumatis, terjadi ketika pukulan atau sentakan keras yang tiba-tiba ke kepala menyebabkan kerusakan pada otak . 



Sumber : Hopkins Medicine, Medical News Today, fk.uns.ac.id, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x