Kompas TV nasional peristiwa

Usia Tokoh yang Namanya Masuk Bursa Bakal Capres-Cawapres: Prabowo Paling Senior, AHY Termuda

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 12:07 WIB
usia-tokoh-yang-namanya-masuk-bursa-bakal-capres-cawapres-prabowo-paling-senior-ahy-termuda
Survei Litbang Kompas elektabilitas Capres 2024 memunculkan empat nama kandidat tertinggi, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah nama tokoh namanya sering disebut dalam bursa bakal calon presiden, antara lain Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono hingga Airlangga Hartarto.

Nama mereka juga sering masuk dalam berbagai survei, yang mengerucut pada tiga nama yaitu, Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dan Anies Baswedan mantan gubernur DKI Jakarta.

Menarik melihat usia masing-masing sosok tersebut, yang biasanya menjadi bahan perbandingan masyakarat dalam menilai calon presiden mendatang.

Apalagi, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sudah mengatur tentang persyaratan usia minimal bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Dari nama-nama yang sudah beredar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang paling senior. Purnawirawan berpangkat Letnan Jenderal TNI ini, lahir pada 17 Oktober 1951. Itu berarti saat ini dia berusia 72 tahun.

Kemudian sosok Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, berada di urutan kedua, yang lahir pada  lahir 1 Oktober 1962, atau saat ini berusia 60 tahun.

Baca Juga: Romy PPP Ingatkan KIB Realistis, tapi Golkar Ngotot Usung Airlangga Jadi Capres di Pilpres 2024

Urutan selanjutnya adalah Ganjar Pranowo yang lahir pada 28 Oktober 1968, atau saat ini berusia 55 tahun.

Sementara Anies Baswedan saat ini berusia 54 tahun atau lebih muda setahun dari Ganjar. Anies lahir pada 7 Mei 1969.  

Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, hanya terpaut satu bulan dari Anies. Sandi lahir 28 Juni 1969, atau 54 tahun tapi sebulan lebih muda dari Anies, yang juga pasangannya saat ikut Pilkada Jakarta.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x