Kompas TV nasional hukum

Soal Penangkapan Bupati Meranti, Ketua KPK Firli Bahuri Pastikan Timnya Profesional dan Taat Aturan

Kompas.tv - 7 April 2023, 11:18 WIB
soal-penangkapan-bupati-meranti-ketua-kpk-firli-bahuri-pastikan-timnya-profesional-dan-taat-aturan
Ruang Humas dan Protokol Pemerintah Kepulauan Meranti disegel KPK usai Bupati Meranti dan sejumlah pejabat terjerat operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis (6/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjamin pihaknya bekerja secara profesional dan taat hukum dalam melakukan penangkapan Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil pada Kamis (6/4/2023) malam.

"Saya selalu menyampaikan bahwa saya bekerja profesional sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (7/4/2023) dilansir dari Kompas.com.

Ia mengklaim, di akhir masa jabatan pimpinan KPK Jilid V, lima pimpinan KPK selalu berhati-hati, proden, dan kompak saat membuat keputusan.

“Setiap keputusan diambil secara bulat,” jelas Ketua KPK periode 2019-2023 itu.

Ia pun mengungkapkan rasa syukur usai Muhammad Adil ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang ia klaim sebagai OTT pertama pada tahun 2023 ini.

"Alhamdulillah, satu kepala daerah Bupati Meranti berhasil ditangkap tangan," kata Firli.

"Selama tiga bulan sejak Januari sampai dengan 31 Maret 2023, tidak ada tangkap tangan," imbuhnya.

Baca Juga: Tak Hanya Bupati Meranti, KPK juga Tangkap Puluhan Pejabat Strategis Pemkab dan Pihak Swasta

Meski begitu, ia enggan mengungkapkan tentang tindakan korupsi apa yang dilakukan oleh Adil.

"Nanti ada penjelasan," jawab laki-laki yang pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri itu.

Di sisi lain, Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, menyebut Bupati Meranti ditangkap bersama beberapa pejabat lain.

"Benar, tadi malam, (6/4) tim KPK berhasil lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau," terang Ali melalui pesan singkat kepada wartawan, Jumat (7/4) pagi. 

Ia pun menerangkan, Bupati Meranti ditangkap bersama puluhan orang lain yang terdiri dari pejabat strategis Pemerintah Kepulauan Meranti, Riau serta pihak swasta.

"Sejauh ini puluhan orang pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang ditangkap KPK dan juga ada pihak swasta," ungkap Ali.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x