Kompas TV nasional peristiwa

Puncak Arus Mudik, Kendaraan Masuk Jateng Merangkak Naik, di Sulsel Kepadatan Terjadi di Pelabuhan

Kompas.tv - 20 April 2023, 02:00 WIB
puncak-arus-mudik-kendaraan-masuk-jateng-merangkak-naik-di-sulsel-kepadatan-terjadi-di-pelabuhan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV, Rabu (19/4/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman ikut memantau puncak arus mudik Lebaran 2023.

Ganjar menjelaskan, dari catatannya mulai tanggal 16 April 2023 hingga 18 April 2023, grafik jumlah kendaraan pemudik yang masuk wilayah Jateng mengalami kenaikan. 

Ia memperkirakan puncak kendaraan yang masuk ke Jateng terjadi pada Rabu (19/4/2023) hingga Kamis (20/4/2023).

"Saya sekarang bersiaga di depan Terminal Mangkang memantau perkembangan bus yang masuk," ujar Ganjar di program Satu Meja The Forum KOMPAS TV bertema Mudik Lebaran, "Nasib" Pemerintah Dipertaruhkan, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga: Sejumlah Pemudik Terobos One Way di Kota Cirebon

Ganjar menambahkan, meski puncak arus mudik mulai terjadi, Pemprov Jateng sudah membuat kebijakan untuk mengurangi angka pemudik tidak membeludak saat tiga hari sebelum Lebaran. 

Kebijakan yang diambil tidak terlepas dari pengalaman mudik Lebaran 2019 yang berjalan lancar dan diaplikasi kembali oleh Pemprov Jateng saat arus mudik tahun ini. 

Kebijakan yang dilakukan di antaranya memperbanyak mudik gratis. Program tersebut tidak hanya bagi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek melainkan sampai ke daerah Sumatera. 

"Biasanya kan mudik naik bus, kali ini kita dorong menggunakan kereta api, kapal laut, dan mereka membawa sepeda motornya. Ini sangat membantu, maka pengalaman 2019 itu replikasi lagi sekarang dan alhamdulillah, riang gembira suasananya," ujar Ganjar. 

Baca Juga: Mulai 18 April 2023, Polda Jateng Berlakukan Aturan One Way dari Tol Cikampek hingga Kalikangkung

Di kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman juga ikut memantau pergerakan arus mudik Lebaran 2023.

Ia mengakui, sudah terjadi peningkatan pemudik yang masuk ke Sulsel, terutama di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

Pihaknya juga telah membuat kebijakan agar peningkatan pemudik di pelabuhan bisa berkurang. Salah satunya menyediakan bus ke daerah-daerah tujuan.

Daerah-daerah yang menjadi titik rawan kemacetan di pengalaman mudik tahun sebelumnya juga telah menjadi catatan evaluasi, sehingga saat ini petugas sudah mengendalikan dengan baik.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Tinjau Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

"Ada kemacetan seperti ke arah selatan di wilayah Kabupaten Takalar, wilayah menuju Kabupaten Bone dan Kabupaten Maros, Kota Palopo dan Kota Parepare-Kabupaten Sidrap. Tapi ini dalam kendali petugas di lapangan," ujar Andi Sudirman.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x