Kompas TV nasional peristiwa

Terkait Kasus Korupsi BTS Bakti Kemenkominfo, Wapres Maruf Amin Jamin Proyek Tol Langit Tetap Jalan

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 17:22 WIB
terkait-kasus-korupsi-bts-bakti-kemenkominfo-wapres-maruf-amin-jamin-proyek-tol-langit-tetap-jalan
Foto Arsip. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memastikan proyek tol langit atau proyek pemerataan kualitas internet tetap berjalan, meskipun proyek pengadaan Base Transceiver Station (BTS) jaringan 4G tengah bermasalah karena kasus korupsi. (Sumber: Sekretariat Wakil Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menjamin proyek tol langit atau proyek pemerataan kualitas internet tetap berjalan. 

Walaupun proyek pengadaan Base Transceiver Station (BTS) 4G Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo tengah bermasalah karena tercuat kasus korupsi.

Pernyataan ini disampaikan Wapres saat memberikan keterangan pers usai membuka Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023 di Nusa Dua, Bali, Selasa (23/05/2023).

"Mengenai tol langit itu memang sudah menjadi program nasional dan program strategis nasional, karena itu apapun yang terjadi akibat misalnya adanya kemungkinan terjadinya korupsi itu, itu tol langit akan terus (berjalan)," kata Ma'ruf.

Ia menjelaskan, program Tol Langit sangat esensial karena selain menjadi media penyampai perkembangan nasional termasuk keberhasilan ekonomi, juga untuk mendukung program belajar jarak jauh melalui internet.

“Jadi sangat penting peran dari Tol Langit ini dan juga sekaligus menjadi bagian dari upaya menyatukan dan mewujudkan NKRI," ujarnya.

"NKRI bukan hanya kita wujudkan dalam bentuk politik tetapi dalam bentuk pelayanan, baik pelayanan yang sifatnya pembangunan jalan, pembangunan fasilitas dasar, juga termasuk fasilitas internet dan komunikasi," katanya.

Di sisi lain, terkait proyek BTS, Wapres menyebut Presiden Joko Widodo juga telah menunjuk Pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo untuk melanjutkan program Tol Langit sebelum ditetapkannya pejabat definitif.

Seperti diketahui, Plt Menkominfo yang dimaksud yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

"Sekarang juga sudah ada pejabat sementara dan mungkin nanti akan ada pejabat yang akan terus menyelesaikan program kita," jelasnya.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Kejagung Periksa Perdana Johnny G Plate dalam Kasus Korupsi Tower BTS 4G Kominfo



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x