Kompas TV nasional peristiwa

Sentil Soal Kasus Ferdy Sambo, Megawati: Polisi Maunya Bagaimana sih? Mestinya Mengayomi Rakyat

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 18:47 WIB
sentil-soal-kasus-ferdy-sambo-megawati-polisi-maunya-bagaimana-sih-mestinya-mengayomi-rakyat
Presiden Kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri menyinggung tentang kasus Ferdy Sambo saat memberikan pidato dalam peresmian Kapal Perang (KRI) Bung Karno di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri menyinggung tentang kasus Ferdy Sambo saat memberikan pidato dalam peresmian Kapal Perang (KRI) Bung Karno di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Saat berpidato di hadapan para jenderal TNI dan Polri, putri dari Presiden Pertama RI Ir. Soekarno itu mengajak agar para penjaga keamanan negara Indonesia itu bersikap heroik dan menyadari diri sebagai abdi negara.

"Masihkah kamu punya semangat heroik? Masihkah kamu menyadari "who am i"? Bahwa saya abdi negara," kata Megawati mengingatkan para anggota TNI dan Polri.

Ia mengingatkan agar para jenderal tidak terlena dengan pangkat tinggi, sehingga membuat mereka melupakan kewajiban utamanya, yakni mengabdi pada bangsa dan negara.

"Kalau saya lihat anak-anak yang mau masuk ke akademi, saya lihat rata-rata bukan orang berpunya. Karena apa? Karena mereka ingin jadi seseorang, one day, tapi dengan biaya negara. Betul apa tidak? Iya kan?" tanya Megawati yang diikuti anggukan kepala sejumlah jenderal.

Megawati lalu menerangkan, setelah naik pangkat hingga ke tingkat tertinggi, ia menyayangkan adanya jenderal yang bertindak melenceng dari kewajibannya dengan menyinggung kasus Ferdy Sambo. 

Baca Juga: Hadiri Peresmian Kapal Perang Bung Karno-369, Megawati: Kira-Kira Berapa Lagi yang Mau Dibuat?

"Polisi iku karepe piye to? (Polisi itu maunya bagaimana, sih?) Gitu saya bilang. Maunya jadi apa? Mestinya mengayomi rakyat," kata Megawati yang duduk di antara Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

"Lha itu model kayak Pak Sambo itu ngapa? Kalian apa mau kayak gitu sih? Nggak usah, deh," tegasnya.

Wakil Presiden di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid ini pun mengingatkan para aparat keamanan negara untuk memikirkan kembali kewajiban mereka.

"Jadi tolong pikirkan kembali, yang namanya negara kita masih memerlukan kita, lho," kata mantan presiden perempuan pertama di Indonesia itu.

Ia juga mengimbau para anggota TNI maupun Polri untuk menjaga kedisiplinan mereka.

"Saya pernah Paskibra lho, dibentak-bentak, kebayang nggak? Tapi saya nggak ngadu sama bapak saya, masih anak presiden waktu itu, karena saya tahu ini mendisiplinkan diri saya," jelasnya.

Megawati pun mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk menjaga semangat persatuan Indonesia.

"Ayo kita sama-sama, bareng-bareng, dulu aja 3,5 abad dijajah. Baru merdeka 77 tahun, kok saya nggak melihat lagi semangat yang membara," pungkasnya.

Baca Juga: Cerita Megawati Tanya Cara Latih Baris-berbaris Tentara Korea Utara: Katanya Diiket


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x