Kompas TV nasional humaniora

Hari Ini Presiden Jokowi Ulang Tahun yang ke-62, Ini Profil, Perjalanan Hidup dan Karir Politiknya

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 08:09 WIB
hari-ini-presiden-jokowi-ulang-tahun-yang-ke-62-ini-profil-perjalanan-hidup-dan-karir-politiknya
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tepat hari ini, Rabu 21 Juni 2023 berulang tahun ke-62. (Sumber: KOMPAS.COM/ GARRY LOTULUNG)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI ke-7 Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi berulang tahun hari ini, Rabu (21/6/2023).

Diketahui, Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. Tahun ini, ia merayakan ulang tahun yang ke-62.

Saat ditanya mengenai perayaan, Presiden Jokowi berujar bahwa ia merupakan orang desa sehingga tidak pernah merayakan hari ulang tahunnya.

"Saya enggak pernah (merayakan) ulang tahun. Saya orang desa enggak pernah (merayakan) ulang tahun, sejak lahir sampai sekarang," kata Jokowi di Gresik, dikutip dari YouTube KompasTV, Selasa (20/6/2023).

Pada ulang tahunnya yang ke-60, Jokowi juga mengaku tidak biasa merayakan hari kelahirannya dengan mengadakan acara spesial.

"Seperti tahun-tahun yang silam, saya tak terbiasa merayakan hari ulang tahun sendiri. Apalagi sekarang, di saat negeri ini tengah membutuhkan kerja keras kita semua untuk bersama-sama keluar dari pandemi," tulis Jokowi, dikutip dari akun Instagram @jokowi.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Sebut Mimpi SBY Hal yang 'Bagus'!

Profil Singkat Jokowi

Melansir umy.ac.id, Joko Widodo lahir pada 21 Juni 1961 di Surakarta, sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Dia lahir dari pasangan Noto Miharjo dan Sujiatmi Notomiharjo, mereka merupakan pasangan keluarga yang sederhana.

Jokowi adalah anak pertama dari empat bersaudara, dan juga satu satunya anak laki laki dari pasangan tersebut. Ketiga adik Jokowi ialah Iit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati.

Sebagai seorang anak sulung, Jokowi memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keluarga, khususnya ketiga adik perempuannya.

Keluarga Jokowi merupakan keluarga yang biasa biasa saja bahkan tergolong menengah kebawah. Ayahnya bekerja sebagai seorang penjual kayu di bantaran kali Karanganyar-Solo.

Sedari kecil, Jokowi muda sangat dekat dengan kedua orang tuanya. Jokowi memulai pendidikan formalnya di Sekolah Dasar Negeri 111 Tirtoyoso Surakarta.

Setamat dari Sekolah Dasar, Jokowi melanjutkan jenjang pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Surakarta.

Ditengah tengah aktivitasnya sebagai pelajar, Jokowi juga membantu orang tuanya bekerja. Ia mewarisi keahlian bertukang kayu dari ayahnya.

Di usia 12 tahun Jokowi kecil bekerja sebagai tukang penggergaji kayu. Meski kesibukannya belajar sekaligus bekerja, Jokowi dapat menyelesaikan sekolahnya tepat waktu.

Setelah lulus dari SMP, ia melanjutkan sekolahnya ke jenjang selanjutnya di SMA Negeri 6 Surakarta. Setamat dari SMA, pada tahun 1980 masuk Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. 

Baca Juga: Besok Ultah, Jokowi: Saya Orang Desa Enggak Pernah Rayakan Ulang Tahun

Perjalanan Hidup Jokowi

Jokowi menyelesaikan kuliahnya pada 1985. Ia kemudian bekerja di BUMN, PT Kertas Kraft Aceh. Di perusahaan ini Jokowi ditempatkan di area hutan pinus Merkusii, Aceh Tengah. Namun ia tak bertahan lama, hanya sekitar dua tahun dan memutuskan kembali.



Sumber : Kompas TV, umy.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x