Kompas TV nasional hukum

Mahfud MD: Investigasi Polemik di Ponpes Al Zaytun Rampung Pekan Depan

Kompas.tv - 24 Juni 2023, 07:50 WIB
mahfud-md-investigasi-polemik-di-ponpes-al-zaytun-rampung-pekan-depan
Menkopolhukam Mahfud MD saat jumpa pers terkait pembentukan Tim Percepatan Reformasi Hukum di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (9/6/2023). (Sumber: YouTube Kemenko Polhukam)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Laporan investigasi terkait dugaan penyimpangan ajaran agama di Pondok Pesantren Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang diperkirakan rampung pekan depan. 

Menkopolhukam Mahfud MD menjelaskan pihaknya telah melakukan rapat tingkat eselon I lintas kementerian/lembaga dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait polemik yang ada di Pondok Pesantren Al Zaytun, Rabu (21/6/2023).

Selain itu Kemenko Polhukam juga akan berkoordinasi dengan tim investigasi yang dibentuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurut Mahfud saat ini tim investigasi yang beranggotakan Kemenko Polhukam, Kemenag, Kemendagri sedang memilah unsur pelanggaran dan polemik di Ponpes tersebut. 

Unsur mana saja yang perlu dilakukan pembinaan dalam hal posisi dan peran ponpes sebagai lembaga pendidikan hingga menelusuri dugaan pelanggaran hukum pidana. 

Baca Juga: Polisi Soal MUI Temukan Fakta Baru Polemik Ponpes Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang

Ditargetkan investigasi tim akan selesai pekan depan dan kemudian dapat disimpulkan langkah yang diambil pemerintah. 

Jika ditemukan ada ketidaksesuaian dalam aturan hukum, maka akan ditangani oleh kepolisian. Jika menyangkut penyelenggaraan institusi akan ditangani oleh Kemenag. 

"Ini tahun politik, kita akan memilah mana yang hukum, yang politik, dan yang politisasi situasi. Tapi kita akan bekerja cepat," ujar Mahfud melalui akun Instragam pribadinya, Jumat (23/6/2023).

"Insyaallah, pekan depan kami sudah punya bahan dan akan segera membicarakannya dengan Menag, Mendagri, Polri, dan institusi terkait lainnya," sambung Mahfud.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x