Kompas TV nasional hukum

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Ganti 3 Kapolda dan 6 Wakapolda, Ini Nama-namanya

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 10:57 WIB
kapolri-jenderal-listyo-sigit-ganti-3-kapolda-dan-6-wakapolda-ini-nama-namanya
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Labuan Bajo, Minggu (7/5) didampingi oleh Asrena Kapolri Irjen Wahyu Hadiningrat yang juga menjabat Ketua Harian PB ISSI dan Kadiv TIK Polri Irjen Slamet Uliandi yang juga menjabat Wakil Ketua PB ISSI Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pembinaan Daerah. (Sumber: Dokumentasi Polri)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Keplolisian Negara Republik Indonesia atau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran terhadap ratusan anggota di lingkungan Korps Bhayangkara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, mutasi tersebut terjadi baik di tingkat Mabes Polri maupun Kepolisian Daerah (Polda).

"Secara keseluruhan, terdapat 539 personel yang mutasi," kata Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta pada Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Rotasi Jabatan Tinggi Polri: Wakapolri, Kabareskrim, Kabaintelkap hingga Asops

Ramadhan mengungkapkan bahwa ada beberapa personel di tingkat Mabes Polri yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit. 

Kemudian, lanjut Ramadhan, mutasi juga terjadi di tingkat kapolda sebanyak tiga personel, serta enam anggota di tingkat wakapolda.

Beberapa nama di Mabes Polri yang dimutasi adalah Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto yang ditunjuk menjadi Wakil Kapolri (Wakapolri) menggantikan Komjen Gatot Eddy Prabowo.

Untuk mengisi posisi Kabareskrim Polri, Kapolri menunjuk Komjen Wahyu Widada yang sebelumnya menjabat sebagai Kabaintelkam Polri.

Lalu, Kapolri menunjuk Komjen Suntana sebagai Kabaintelkam Polri yang baru.

Kemudian, Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca ditunjuk menjadi Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops).

Baca Juga: Kapolri Ganti Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan 3 Kapolda Lainnya, Berikut Nama-namanya

Selain itu, tiga personel yang dimutasi di tingkat kapolda adalah Irjen Agung Setya Imam Effendi ditunjuk menjadi Kapolda Sumatera Utara menggantikan Irjen Panca Putra Simanjuntak.

Kemudian, Kapolri menunjuk Irjen Adang Ginanjar menjadi Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) menggantikan Irjen Verdianto Bitticaca.

Lalu, Brigjen Ida Bagus KD Putra Narendra ditunjuk menjadi Kapolda Bali menggantikan Irjen Putu Jayan Danu Putra.

Sementara di tingkat wakapolda, Kapolri menunjuk Brigjen Soeseno Noerhandoko menjadi Wakapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Brigjen Agus Salim menjadi Wakapolda Bengkulu, dan Brigjen Samudi menjadi Wakapolda Maluku Utara (Malut).

Kemudian, Brigjen Asep Safrudin menjadi Wakapolda Kepulauan Riau (Kepri), Brigjen Roma Hutajulu menjadi Wakapolda Kalimantan Barat (Kalbar), dan Brigjen I Gusti Kade Budhi Harryarsana menjadi Wakapolda Bali.

Baca Juga: Mutasi Polri, Kapolri Tunjuk Irjen Karyoto Gantikan Irjen Fadil Imran Jadi Kapolda Metro Jaya

Ramadhan mengatakan, mutasi tersebut termuat dalam lima surat telegram (ST) yang dikeluarkan Kapolri, yaitu ST/1392/VI/KEP./2023 sebanyak 28 personel, ST/1393/VI/KEP./2023 sebanyak 4 personel, ST/1394/VI/KEP./2023 sebanyak 218 personel, ST/1395/VI/KEP./2023 sebanyak 170 personel, dan ST/1396/VI/KEP./2023 sebanyak 119 personel.

"Terdapat lima ST Mutasi pada tanggal 24 Juni 2023," ucap Ramadhan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x