Kompas TV nasional peristiwa

Senangnya Jokowi Lihat Stadion Si Jalak Harupat Selesai Diperbaiki: Piala Dunia U17 Direnovasi Lagi

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 11:46 WIB
senangnya-jokowi-lihat-stadion-si-jalak-harupat-selesai-diperbaiki-piala-dunia-u17-direnovasi-lagi
Presiden Jokowi saat mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). Presiden Jokowi menyebut stadion itu layak menggelar event internasional salah satunya Piala Dunia U17. (Sumber: KOMPAS.com/M. Elgana Mubarokah)
Penulis : Gading Persada | Editor : Desy Afrianti

SOREANG, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai merenovasi Stadion Si Jalak Harupat (SJH) yang berada di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun senang melihat kondisi stadion yang kerap dipakai sebagai home base Persib Bandung saat ini pasca renovasi.

Tak hanya itu, Jokowi menyebut SJH layak digunakan untuk event Internasional seperti Piala Dunia U17. Namun, untuk mempersiapkan helatan akbar Piala Dunia U17, tak menutup kemungkinan akan dilakukan renovasi kembali, meski hanya skala kecil. 

Baca Juga: Erick Thohir Usahakan Si Jalak Harupat Lolos Verifikasi FIFA Tepat Waktu

"Tapi untuk U-17 masih ada proses perbaikan lagi karena memang ini beda. Jadi mungkin jahit rumputnya tetap dilakukan," kata Jokowi saat mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (12/7/2023).

Presiden Jokowi juga mengapresiasi beberapa fasilitas yang sudah diperbaiki di SJH seperti, rumput, lampu, toilet, dan tempat ganti pakaian (locker room).

"Yang sudah diperbaiki baik seatnya kemudian rumputnya kemudian lampunya, toiletnya, tempat ganti pakaian," ujarnya. 

Tak hanya itu, pria yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta ini juga mengecek secara langsung akses menuju Stadion Si Jalak Harupat.

"Akses keluar masuk stadion maupun keluar masuk jalak harupat, semuanya detail dilakukan oleh kementerian PUPR," terangnya.

Menurut Jokowi, apa yang sudah dilakukan Kementerian PUPR terhadap SJH merupakan upaya yang maksimal. Bahkan, ia menyebut untuk Piala Dunia U20 Stadion Si Jalak Harupat sudah layak dipakai untuk gelaran Internasional seperti U20.

"Dan untuk U20 kemarin ini sudah layak untuk dipakai," kata pria asal Kota Solo ini.

Kondisi Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sebelum dikunjungi Presiden Jokowi pada Rabu (12/7/2023). (Sumber: KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah)

Jokowi pun mengakui bahwa FIFA telah mengecek renovasi Si Jalak Harupat. Namun, pengecekan yang dilakukan beberapa waktu lalu diperuntukkan bagi persiapan Piala Dunia Usia 20 yang akhirnya gagal diselenggarakan itu.

Nantinya, kata Presiden Jokowi, FIFA akan kembali melakukan pengecekan untuk Piala Dunia U17 yang akan diselenggarakan pada 10 November-2 Desember 2023.


"Kita senang proses renovasi telah selesai. Tetapi nanti juga masih dicek sama FIFA, nanti akan ada proses ulang lagi dari FIFA untuk yang U17 karena yang kemarin dicek untuk yang U20," tutur Jokowi, dikutip dari Kompas.com.

Adapun rombongan Presiden Jokowi datang pukul 09.30 WIB, lawatannya ke Si Jalak Harupat ditemani oleh Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI Erick Tohir, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Sekretariat Presiden Pramono Anum, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Baca Juga: Jelang Audit FIFA untuk Piala Dunia U20, Ketum PSSI Tinjau Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion GSJ

Rencananya, Presiden Jokowi juga akan menyaksikan jalannya seleksi pemain Timnas U17 Indonesia yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat.

"Bahwa Pak Presiden akan berkunjung ke Stadion SJH besok (hari ini-red) dalam rangka melihat seleksi para pemain nasional (timnas U17) kita. Ada 10 daerah yang akan dites di sini," ujar Bupati Bandung Dadang Supriatna, dikutip dari TribunJabar.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x