Kompas TV nasional peristiwa

Imron Amin, Putra Madura yang Dilantik Jadi Wakil Ketua MKD DPR Gantikan Habiburokhman

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 14:24 WIB
imron-amin-putra-madura-yang-dilantik-jadi-wakil-ketua-mkd-dpr-gantikan-habiburokhman
Imron Amin (Kedua dari kiri) usai dilantik sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Ruang MKD, Nusantara I, Jakarta, Senin (10/7/2023). (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad melantik Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) DPR RI Imron Amin sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. Imron menggantikan rekan satu fraksinya, Habiburokhman.

”Sesuai dengan surat dari Fraksi Gerindra dengan ini kami selaku pimpinan dewan, dengan ini menetapkan Saudara H. Imron Amin, SH, MH dari Fraksi Gerindra menjadi Wakil MKD menggantikan Saudara Dr. Habiburokhman, SH, MH, apakah dapat disetujui?” tanya Dasco yang disambut ’setuju’ oleh seluruh peserta sidang di Ruang MKD, Nusantara I, Jakarta, Senin (10/7/2023) dikutip dari situs dpr.go.id.

Baca Juga: ICW Sebut 12 Anggota MKD Tak Patuh Lapor Harta Kekayaan ke KPK, sebelumnya 55 Pimpinan di DPR

Menurut dia, Imron Amin akan terus melanjutkan tugas-tugas MKD dengan tetap menjaga marwah DPR. ”Tetap kita menjalankan apa yang menjadi agenda-agenda, ya di MKD dan kita tetap menerima semua laporan-laporan yang masuk di MKD. Tapi laporan itu tetap kita verifikasi, secara berkas dan administrasi serta apa saja yang terus dilanjutkan atau tidak. Pada intinya kita meneruskan apa yang sudah menjadi kinerja kita yang kemarin,” ujarnya.


Pelantikan tersebut diakhiri dengan penyerahan palu sidang sebagai tanda resminya Imron Amin sebagai Ketua MKD yang baru. Imron diketahui juga merupakan Anggota Komisi XI DPR RI. Pria kelahiran tahun 1987 ini merupakan Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur XI.

Situs Fraksi Gerindra membeberkan asal-usul Imron Amin. Disapa Ra Ibong, merupakan anggota DPR RI Dapil Jawa Timur XI (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep) periode 2019 – 2024. Pemuda berdarah Madura ini merupakan cicit dari Syaichona Muhammad Kholil, atau yang dikenal dengan panggilan Mbah Kholil Bangkalan.

Imron Amin putra dari pasangan R.K.H. Amin Imron dan Ny. Hj. Marini. Ra Ibong juga merupakan adik dari R.K. Abdul Latif Amin Imron yang saat ini menjabat sebagai Bupati Bangkalan.

Baca Juga: Masuk Tahun Politik, Ketua MKD DPR Ingatkan Bakal Banyak Surat Kaleng untuk Jatuhkan Orang

Pada 14 Februari 2014, Ra Ibong mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi seorang wanita yang bernama Cyntia Pratitis Widyarachma. Dari pernikahan tersebut, mereka dikarunia tiga orang anak : Vikcy Inaayah Salma Imron (2015), Muhammad Ka’ab Imron (2018), dan Abdul Malik Hadiwijoyo Imron (2019).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x