Kompas TV nasional politik

KSAD dan Panglima TNI Pensiun Akhir Tahun, Ini Kandidat yang Berpeluang Gantikan Dudung dan Yudo

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 20:45 WIB
ksad-dan-panglima-tni-pensiun-akhir-tahun-ini-kandidat-yang-berpeluang-gantikan-dudung-dan-yudo
Laksamana TNI Yudo Margono saat menjabat KSAL (kiri) bersama KSAD Dudung Abdurachman. (Sumber: Dok. Dispenad)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan masuk masa pensiun di akhir tahun nanti. 

KSAD Dudung akan pensiun pada November 2023, sedangkan Panglima TNI akan pensiun pada Desember 2023. Keduanya pensiun saat kampanye Pilpres dan Pileg 2024 berlangsung. 

Sejumlah nama Letnan Jenderal TNI diprediksi akan menggantikan posisi Dudung sebagai KSAD yang akan pensiun empat bulan lagi. 

Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan TB Hasanuddin menjelaskan tiga jenderal bintang tiga yang berpeluang menggantikan Dudung, yakni Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto.

Kemudian ada nama Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak dan Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto.

Baca Juga: Selain Mengganti 7 Pangdam, Panglima TNI Juga Mutasi Kepala Bakamla

Letjen Suharyanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1989 dan dan pensiun pada September 2025.

Letjen Maruli jebolan Akmil 1992 dan akan pensiun pada 1 Maret 2028. Letjen Agus merupakan lulusan Akmil 1991 dan pensiun pada September 2025.

Menurut Hasanuddin, ketiga nama itu sama-sama memiliki pengalaman yang mumpuni karena pernah menjabat satuan komando, kesatuan teritorial dan tempat lain. 

Namun, Letjen Suharyanto merupakan perwira tinggi TNI yang paling senior. Sebagai kepala BNPB, Suharyanto juga memiliki pengalaman lebih dibanding Maruli dan Agus. 

"Suharyanto ini lebih senior, dan sebagai Kepala BNPB memiliki pengalaman teritorial yang lebih dari yang lain, sehingga paling berpeluang menjadi KSAD," ujar TB Hasanuddin saat dikonfirmasi, Selasa (25/7/2023), dikutip dari Kompas.com.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x