Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi ke Penerima Beasiswa LPDP: Hati-Hati di 2024 Kepemimpinan Nasional Sangat Penting

Kompas.tv - 4 Agustus 2023, 02:05 WIB
presiden-jokowi-ke-penerima-beasiswa-lpdp-hati-hati-di-2024-kepemimpinan-nasional-sangat-penting
Presiden Joko Widodo saat memberi sambutan di puncak acara LPDP Festival Tahun 2023, Kamis (3/8/2023). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengingatkan generasi muda untuk hati-hati dalam memilih pemimpin dalam Pilpres 2024 mendatang.

Presiden menjelaskan kepemimpinan nasional sangat penting untuk menentukan Indonesia maju atau tidak. 

Jokowi meyakini pemimpin yang terpilih di 2024, kemudian 2029 dan 2034 merupakan pemimpin yang akan menentukan ketercapaian Indonesia Emas 2045.

"Ini saya ulang di mana-mana dalam 13 tahun ke depan ini adalah saat yang sangat menentukan negara kita bisa melompat jadi negara maju atau tidak," ujar Presiden Jokowi saat memberi sambutan di puncak acara LPDP Festival Tahun 2023, Kamis (3/8/2023).

Presiden memberi contoh banyak negara di Amerika Latin di tahun 50, 60 dan 70 sudah jadi negara berkembang. 

Baca Juga: [FULL] Jokowi Bicara Bonus Demografi di Puncak Acara LPDP Festival 2023: Optimis Indonesia Maju!

Namun sampai saat ini masih tetap jadi negara berkembang karena tidak bisa memanfaatkan peluang yang diberikan.

Indonesia dalam 13 tahun ini atau kurang lebih sampai 2038, memiliki peluang untuk bisa masuk menjadi negara maju. 

Di tahun 2030 Indonesia mendapat bonus demografi dengan 68,3 persen penduduk berusia produktif. Hal ini biasanya hanya terjadi satu kali dalam sejarah peradaban sebuah negara. 

Bonus demografi ini bisa menjadi peluang, bencana dan juga beban jika tidak dikelola dengan baik. 

"Untuk bisa masuk jadi negara maju, bisa atau tidak ya tergantung kita sendiri. Tetapi menurut saya kepemimpinan di 2024, di 2029 dan di 2034 menjadi akan sangat menentukan. Negara ini bisa maju atau tidak maju," ujar Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Heran Banyak Penemuan Aneh-Aneh di Dunia: Batu Bata Energi Hingga Jam Tangan Keringat

Presiden Jokowi menambahkan data yang diterima dari Dana Moneter Internasional (IMF), Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Bank Dunia dan pakar-pakar ekonomi menyampaikan Indonesia bisa menjadi lima besar negara dengan Produk Domestik Bruto tertinggi di dunia. 

Menurut Presiden gambaran Indonesia ke depan yang diperhitungkan organisasi internasional tersebut kini berada di tangan anak-anak muda. 

"Itu berada di tangan generasi muda, berada di tangan saudara-saudara semua. 2024, 2029, 2034, kepemimpinan nasional sangat penting sekali untuk bisa kita menatap maju atau tidak maju. Hati-hati di 2024 dalam memilih pemimpin. Tapi kedaulatan ada di tangan rakyat," pungkas Presiden Jokowi. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x