Kompas TV nasional peristiwa

Rencana Jokowi Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, Akankah HU RI Tahun Ini yang Terakhir di Jakarta?

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 13:45 WIB
rencana-jokowi-upacara-17-agustus-2024-di-ikn-akankah-hu-ri-tahun-ini-yang-terakhir-di-jakarta
Ilustrasi Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden Jokowi berencana menyelenggarakan upacara 17 Agustus 2024 di IKN (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus
Ilustrasi Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden Jokowi berencana menyelenggarakan upacara 17 Agustus 2024 di IKN (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelenggarakan upacara Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024 atau HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah tercetus sejak jauh-jauh hari.

Pada awal 2023 lalu, Jokowi optimistis pembangunan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN akan selesai pada tahun 2024.

Ia menargetkan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024 dapat digelar di kawasan tersebut.

“Ya, jadi ini, kawasan adalah kawasan istana, Istana Kepresidenan, yang saya optimis tahun depan bulan Agustus (2024, red) insyaallah sudah bisa upacara di sini,” ujar Presiden di Menara Pandang, kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/02/2023). 

Jokowi menegaskan bahwa pembangunan Istana Kepresidenan ini akan sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya.

Baca Juga: Link dan Cara Ikut Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara, Kuota Hanya 8.000 Orang!

Kendati demikian, kata Jokowi terdapat juga kemungkinan beberapa bagian harus menyesuaikan kondisi di lapangan.

Presiden juga memastikan bahwa Istana Kepresidenan ini akan langsung ditempati ketika proses pembangunannya telah selesai.

Pembangunan IKN Dikebut

Pekan pertama Agustus 2023 telah terlewati, kini hampir tersisa setahun sebelum rencana Jokowi menyelenggarakan upacara 17 Agustus 2024 di IKN terwujud.


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun semakin mempercepat pembangunan di IKN. Salah satu infrastruktur dikebut adalah bandar udara (bandara) khusus very very important person (VVIP) IKN.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menurutnya percepatan pembangunan itu dilakukan agar bisa digunakan saat 17 Agustus 2024 mendatang.

"Saat ini tengah dilaksanakan proses persiapan pembangunan bandara, yang merujuk pada desain runway dan terminal karya anak bangsa. Kami harapkan apa yang kita bangun ini akan dapat digunakan pada saat 17 Agustus 2024," kata Budi, Sabtu (5/8/2023), dikutip dari Antara.

Ia menyebut desain bandara VVIP akan menunjukkan ciri khas budaya Kalimantan. Selain itu, bandara ini juga akan berkonsep ramah lingkungan atau green airport.

Baca Juga: Jadwal Rangkaian Acara Peringatan HUT ke-78 RI, ada Pagelaran Angklung Terbesar di Dunia



Sumber : Kompas TV, Antara, Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x