Kompas TV nasional hukum

Selama Firli Masih di KPK, Novel Baswedan Yakin Harun Masiku Tak akan Ditangkap Meski Dibantu Polri

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 06:47 WIB
selama-firli-masih-di-kpk-novel-baswedan-yakin-harun-masiku-tak-akan-ditangkap-meski-dibantu-polri
Wakil Kepala Satgassus Pencegahan Korupsi Polri Novel Baswedan ketika menghadiri acara GASPOL! Kompas.com, Rabu (2/8/2023) (Sumber: KOMPAS.COM/Aditya Mahendra)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Novel Baswedan, buka suara menanggapi informasi keberadaan mantan kader PDI Perjuangan atau PDIP, Harun Masiku, yang disebut berada di Tanah Air.

Adalah Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Krishna Murti, yang menyampaikan informasi mengenai keberadaan Harun Masiku di dalam negeri itu. Ia kemudian mendatangi KPK untuk menyampaikan informasi tersebut.

Diketahui, Harun Masiku merupakan buronan atau orang yang masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO setelah ditetapkan tersangka dugaan suap terhadap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. 

Baca Juga: Novel Baswedan Ungkap Mantan Pegawai KPK Dihalang-halangi Biar Gagal Bekerja di Perusahaan Swasta

Terkait dengan adanya informasi tersebut, Novel Baswedan mengatakan bahwa pihaknya tetap menyangsikan Harun Masiku akan tertangkap.

Meskipun, lanjut Novel, lembaga antirasuah tersebut dibantu oleh Mabes Polri dalam upaya penangkapannya.

“Ini masalah kemauan saja. Mau dibantu oleh siapa pun, kalau pimpinan KPK-nya tidak mau, ya tidak akan ditangkap,” kata Novel Baswedan dikutip dari Kompas.com pada Senin (7/8/9/2023).

Menurut Novel, Harun Masiku tidak akan tertangkap selama KPK masih dipimpin oleh Firli Bahuri. Novel mengaku tahu betul kinerja Firli karena pernah bekerja sejak lama dengannya.

Oleh karena itu, ia memiliki berbagai informasi yang mendukung keyakinannya bahwa Harun Masiku tidak akan ditangkap selama Firli masih di KPK.

Baca Juga: KPK bakal Telusuri Informasi Polri soal Keberadaan Harun Masiku di Dalam Negeri

“Walaupun itu saya tidak bisa jelaskan kenapa saya yakin, tetapi saya perlu sampaikan bahwa Firli tidak akan menangkap Harun Masiku agar publik paham,” ucap Novel.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x