Kompas TV nasional hukum

Rafael Alun Trisambodo Diduga Terima Fee dari Wajib Pajak Bermasalah

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 16:31 WIB
rafael-alun-trisambodo-diduga-terima-fee-dari-wajib-pajak-bermasalah
Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan barang bukti berupa tas mewah milik istri mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo serta sejumlah uang di Gedung KPK, Senin (3/4/2023). Rafael Alun Trisambodo resmi ditahan KPK terkait dugaan menerima gratifikasi senilai puluhan miliar rupiah. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga Rafael Alun Trisambodo, mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, menerima fee dari wajib pajak bermasalah.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (8/8/2023).

Menurut Ali Fikri, dugaan itu muncul usai tim penyidik mencecar seorang wiraswasta, Baswara Nugroho Sunartio.

"Dugaan tersangka Rafael Alun Trisambodo yang turut mendapatkan fee atas konsultasi perpajakan dari para wajib pajak yang bermasalah," ujar Ali.

Penyidik KPK memeriksa Nugroho pada Senin (7/8/2023) di Gedung Merah Putih KPK.

Baca Juga: Periksa Kakak Mario Dandy Bernama Angelina, KPK Usut Aset Mewah Rafael Alun

KPK juga memeriksa anak Rafael yang bernama Angelina Embun Prasasya, kakak dari Mario Dandy Satrio, di hari yang sama.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain atas dugaan kepemilikan aset-aset mewah dari tersangka RAT dan keluarga," kata Ali, dikutip Kompas.com.

Selain memeriksa Angelina dan Nugroho, tim penyidik juga juga meminta keterangan dari seorang wiraswasta bernama Arifin Wongsoatmojo.

"(Diperiksa) atas kepemilikan aset yang dibeli dari berbagai penerimaan gratifikasi," ujar Ali.


Sebelumnya, pada 27 Juli lalu, KPK juga memanggil istri Rafael, Ernie Meike Torondek dan anak laki-laki mereka, Christofer Dhyaksa Darma.

Pemeriksaan Ernie dan Christofer, kata Ali, terkait kepemilikan aset milik Rafael Alun Trisambodo.

"Didalami pengetahuannya antara lain terkait kepemilikan berbagai aset-aset mewah tersangka RAT yang disita," kata Ali dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga: Rafael Alun Tolak Bayar Restitusi, Begini Kata Pengacara David Ozora!

Pada 4 Juli lalu, Ernie juga sempat diperiksa tim penyidik KPK, dan dimintai keterangan mengenai dugaan kepemilikan aset-aset Rafael yang menggunakan identitas orang lain dan diduga tidak wajar.

Sejauh ini, KPK telah menyita sejumlah aset Rafael Alun Trisambodo senilai Rp150 miliar, di luar berbagai kendaraan mewah yang juga telah diamankan tim penyidik.

 

 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x