Kompas TV nasional politik

Jokowi Curhat Fotonya Kerap Dipasang Bersama Para Bakal Capres: Bahkan Kampanye Belum Mulai...

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 11:55 WIB
jokowi-curhat-fotonya-kerap-dipasang-bersama-para-bakal-capres-bahkan-kampanye-belum-mulai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (16/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, suasana politik di Indonesia mulai menghangat jelang Pilpres 2024 mendatang. 

Bahkan, foto dirinya selalu dipasangkan dengan para kandidat bakal capres yang digadang-gadang maju di Pilpres 2024.

"Bahkan walau kampanye belum mulai, foto saya banyak dipasang dimana-mana. Saya ke Provinsi A eh ada, ke Kota B eh ada, ke Kabupaten C ada. Sampai ke tikungan-tikungan di desa ada juga.Tapi, bukan foto saya sendirian," kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (16/8/2023). 

"Ya nda apa, boleh-boleh saja (foto saya dipasang)," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi: Saya Bukan Lurah, tapi Presiden Republik Indonesia

Hanya saja, Jokowi menegaskan dirinya tidak mempunyai wewenang menentukan pasangan bakal capres-cawapres di Pilpres 2024. 

Sebab, kewenangan tersebut berada di partai politik atau gabungan partai politik sebagaimana amanat undang-undang dan konstitusi.

"Jadi saya mau bilang itu bukan wewenang saya, bukan wewenang Pak Lurah. Walaupun saya paham sudah nasib seorang Presiden untuk dijadikan “paten-patenan”, dijadikan alibi, dijadikan tameng," kata Jokowi, seperti dipantau dari program Breaking News KompasTV.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan MPR 2023 turut dihadiri sejumlah mantan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. 

Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri tampak hadir mengenakan kebaya putih dipadukan dengan selendang merah. 


Sedangkan, Presiden Keempat almarhum Abdurrahman Wahid diwakili oleh istrinya, Sinta Nuriyah, yang datang didampingi oleh anaknya, Yenny Wahid.

Sementara, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tak menghadiri kegiatan tersebut. 

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Ketua MPR: Ganjar, Prabowo atau Anies, Pembangunan Indonesia Harus Dilanjutkan

Selain itu, para mantan wakil presiden yang hadir adalah Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, dan Wakil Presiden Ke-6 Try Sutrisno.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x