Kompas TV nasional humaniora

Dapat Sepeda dari Jokowi, Menkeu Sri Mulyani Ajak Kaesang dan Erina Gudono Gowes Bareng

Kompas.tv - 18 Agustus 2023, 22:05 WIB
dapat-sepeda-dari-jokowi-menkeu-sri-mulyani-ajak-kaesang-dan-erina-gudono-gowes-bareng
Menkeu Sri Mulyani bersama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat menerima sepeda sebagai hadiah busana adat terbaik di perayaan HUT RI di Istana Negara, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Instagram @smindrawati/Agus Suparto)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana gowes bareng atau bersepeda bersama Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, menggunakan sepeda yang diterima dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nggak nyangka saya ikut jadi 5 pemenang juara pakaian adat di Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17-8-2023 di Istana Merdeka bersama @kaesangp dan @erinagudono dapat hadiah sepeda dari Presiden @jokowi," tulis Sri Mulyani di akun Instagram pribadinya, @smindrawati, Jumat (18/8/2023).

"Bawa pulang sepeda - agak repot juga kalau pakai baju adat Soe Timor Tengah Selatan," ujarnya.

Ia mengatakan, akan merayakan kemenangan bersama Kaesang dan Erina. Seperti diketahui, mereka bertiga mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi karena memenangkan penghargaan baju adat terbaik saat perayaan kemerdekaan RI di Istana Negara, Kamis (17/8).

Baca Juga: BI Sebut Rupiah Tidak Bisa Dipalsukan Karena 3 Hal Ini

Menariknya, Sri Mulyani menyebut Depok sebagai salah satu lokasi yang mungkin saja jadi tempat gowes bareng mereka. Pasalnya, Kaesang kerap dikabarkan ingin maju menjadi Wali Kota Depok.

"Kita perlu merayakan kemenangan bersama Kaesang dan Erina dengan gowes bareng...di mana ya.. Di Istana Bogor, GBK, Solo atau Depok," tulis Sri Mulyani. 


Sebelumnya, Sri Mulyani mengungkap dirinya menggunakan baju ada dari "The Freezing City". Yaitu baju adat Soe dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terkenal memiliki cuaca lebih dingin dibandingkan kota lain di Pulau Timor.

Sementara Kaesang menggunakan baju adat Kawasaran. Mengutip pemberitaan Kompas.tv, Kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan merupakan tarian ksatria Minahasa yang disebut "Waraney".

Baca Juga: Sri Mulyani Siapkan Dana Rp52 T untuk Kenaikan Gaji ASN, TNI, Polri, dan Pensiunan di 2024

Adapun bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola. Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli.

"Kami memakai baju kawasaran sebagai lambang penghormatan kami kepada para WARANEY (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah. Kami nyalakan jiwa muda ksatria WARANEY untuk melanjutkan perjuangan memajukan bangsa," tulis Erina dalam akun Instagramnya. 

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x