Kompas TV nasional rumah pemilu

Sebut Prabowo dan Ganjar Ajak Demokrat Bergabung, SBY: Lebih Baik daripada Manuver Bawah Tanah

Kompas.tv - 1 September 2023, 18:25 WIB
sebut-prabowo-dan-ganjar-ajak-demokrat-bergabung-sby-lebih-baik-daripada-manuver-bawah-tanah
SBY menyebut dua bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto mengajak Partai Demokrat untuk bergabung dengan mereka. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dua bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto mengajak Partai Demokrat untuk bergabung dengan mereka.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rapat anggota Majelis Partai Demokrat, Jumat (1/9/2023).

“Menarik ajakan beberapa pihak terhadap Partai Demokrat untuk berjuang bersama, saya kira rakyat mengetahui,” tuturnya.

“Misalnya, Pak Ganjar, capres Ganjar Pranowo, iu juga mengajak kalau Partai Demokrat bisa bergabung ke pihak beliau, ditandai pertemuan Mbak Puan dengan AHY (Agus Hrimurti Yudhoyono) beberapa saat yang lalu.”

Selain Ganjar yang merupakan capres usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menurutnya Prabowo Subianto yang diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pun demikian.

Baca Juga: SBY Ngaku Ada Menteri Intensif Melobi Demokrat: Sudah Sepengetahuan Pak Lurah

“Kedua, Pak Prabowo, beliau datang ke Pacitan menemui saya dan menyampaikan juga ajakannya.”

“Saya harus jujur mengatakan, bahwa cara seperti itu adalah cara yang baik, sah, tidak salah, dan dibenarkan dalam demokrasi, dalam dunia politik,” ujarnya.

Ajaakan dari kedua bacapres tersebut untuk bergabung, menurut SBY, disampaikan secara tulus dan serius, serta transparan.

Ia lalu membandingkan dengan manuver bawah tanah yang menurutnya penuh dengan misteri.

“Ajakannya pun saya dengarkan tulus dan serius, dilakukan secara terbuka, publik juga tahu, ini kan baik untuk transparansi politik, dibandingkan manuver bawah tanah yang penuh dengan misteri.”


“Ini enak, terbuka, transparan, memang menyampaikan dengan baik, kita sambut dengan baik, Mbak Puan, Ibu Puan, Pak Prabowo, karenanya respons kita juga positif, kita menghormati, kita menghargai, bahkan kita juga setuju untuk menjalin komunikasi,” ucapnya.

Baca Juga: Alasan SBY Bersyukur Usai Ditinggalkan Anies dan Nasdem

Jika tujuan para pihak mengajak Partai Demokrat bergabung merupakan hal baik  dan dilakukan demi bangsa, kata SBY, pihaknya wajib merespons dengan baik.

“Kalau tujuannya baik, untuk kepentingan bangsa, Demokrat wajib meresponnya dengan baik. Tentang ke mana nantinya kita berada, inilah yang nanti akan kita bicarakan baik-baik.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x