Kompas TV nasional hukum

Alasan Syahrul Yasin Limpo Mundur dari Menteri Pertanian: Ada Proses Hukum yang Sedang Saya Hadapi

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 19:15 WIB
alasan-syahrul-yasin-limpo-mundur-dari-menteri-pertanian-ada-proses-hukum-yang-sedang-saya-hadapi
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa harga dirinya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pangkat dan jabatan., Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Syahrul Yasin Limpo telah menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian, dengan alasan untuk menghadapi proses hukum secara serius.

Penjelasan Syahrul tersebut disampaikan usai dirinya menyampaikan surat pengunduran dirinya pada Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Sekretari Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Saya sore hari ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensesneg Pak Pratikno untuk menyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai menteri,” jelasnya.

“Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang sedang saya hadapi dan saya harus siap menghadapi secara serius,” tuturnya.

Meski demikian, Syahrul berharap agar semua pihak tetap menghormati asas praduga tak bersalah dan tidak menghakiminya.

“Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan presumption of innocent, maksudnya (jangan) menghakimi saya dulu.”

“Biarlah proses hukum berlangsung dengan baik, dan saya siap menghadapi,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Syahrul juga menyampaikan bahwa harga dirinya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pangkat dan jabatan.

Baca Juga: Mensesneg Sebut Syahrul Yasin Limpo Masih Berencana Menemui Presiden Jokowi

“Saya orang Bugis-Makassar dan rasanya harga diri jauh lebih tinggi daripada pangkat dan jabatan. Beri saya kesempatan membuktikan bahwa saya terbiasa mengurus rakyat,” kata Syahrul dikutip dari YouTube Kompas TV.

Syahrul menyebut bahwa nasihat dari orang tuanya adalah siapa yang berani berbuat harus berani bertanggung jawab, oleh sebab itu ia dengan tega menyebut siap bertanggung jawab.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x