Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Indikator Politik: Elektabilitas Anies 21,9 persen, Ganjar 34,5 dan Prabowo 37,0

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 20:07 WIB
survei-indikator-politik-elektabilitas-anies-21-9-persen-ganjar-34-5-dan-prabowo-37-0
Kolase tiga bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024, (dari kiri ke kanan) Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas bakal Capres-Cawapres jelang Pilpres 2024.

Kandidat Capres didominasi tiga nama yang mendapat pilihan terbesar, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi menjelaskan ada fenomena baru dalam hasil survei tatap muka yang digelar 2 hingga 10 Oktober 2023.

Anies Baswedan yang telah lebih dulu mendeklarasikan Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres, belum menunjukkan kemajuan signifikan, dibanding dua nama tertinggi lainnya yakni Ganjar dan Prabowo yang saat survei dilakukan belum mendeklarasikan pasagannya 

Dalam simulasi tiga nama Anies mendapat 21,9 persen, Ganjar 34,5 persen dan Prabowo 37,0 persen sisanya 6,6 persen.

Baca Juga: [FULL] Arak-arakan Ganjar dan Mahfud saat Menuju KPU Daftar Pilpres 2024

Kemudian masuk dalam simulasi pasangan Capres-Cawapres Anies-Muhaimin mendapat 22,7 persen suara responden. 

Pasangan Anies-Muhaimin ini masih belum bisa mengungguli Ganjar yang dipasangkan dengan Mahfud MD dan Prabowo dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka. 

Pasangan simulasi Ganjar Mahfud saat survei dibuat mendapat 32,2 persen pemilih. Sedangkan pasangan simulasi Prabowo Gibran mendapat 37.5 persen. 

"Tidak ada perbedaan signifikan pada simulasi pasangan Anies Muhaimin versus Prabowo Gibran, versus Ganjar Mahfud. Pak Prabowo masih unggul, tapi ini survei bulan awal Oktober masih ada waktu empat bulan sampai Februari 2024," ujar Burhanuddin saat rilis survei di kanal YouTube Indikator Politik, Jumat (20/10/2023).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x