Kompas TV nasional politik

Golkar Usung Gibran Bakal Cawapres, Prabowo: Ini Komitmen Kesinambungan

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 15:23 WIB
golkar-usung-gibran-bakal-cawapres-prabowo-ini-komitmen-kesinambungan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat memberi sambutan di acara penutupan Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar merekomendasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengapresiasi keputusan Partai Golkar yang mendukung Gibran sebagai cawapres.

Prabowo menilai keputusan tersebut merupakan komitmen dari kesinambungan, sebab dirinya dan Airlangga nantinya akan meninggalkan panggung politik dan perlu ada generasi yang melanjutkan. 

"Generasi penerus siap untuk tampil, seperti kata Pak Airlangga kapan kita siapkan kalau kita tidak berani mengkader anak muda untuk tampil pada saat dibutuhkan," ujar Prabowo dalam sambutannya di Rapimnas Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Prabowo manambahkan keputusan Rapimnas Golkar mengusung Gibran sebagai cawapres menandakan partai yang dipimpin Airlangga Hartarto ini merupakan partai yang berani mengambil sikap. 

Baca Juga: Resmi Diusung Golkar Jadi Bacawapres Prabowo, Gibran Segera Keluar PDIP?

Prabowo juga sepakat dengan pernyataan Airlangga yang menyatakan anak muda harus diutus di pemerintahan.

Ia mengingatkan dalam sejarahnya, sejumlah tokoh nasional di era kemerdekaan seperti Perdana Menteri Indonesia pertama Sutan Sjahrir, Panglima Jenderal Besar TNI Raden Soedirman, Menteri Keuangan Soemitro Djojohadikoesoemo masih berusia di bawah 40 tahun saat menjadi pemimpin untuk kemajuan bangsa. 

"Panglima TNI Jenderal Soedirman usia 29 tahun pimpin perang kemerdekaan, anak muda 29 tahun mampu. Bukan usia muda atau tua tapi jiwa, apakah jiwa itu jiwa yang tulus, iklas mau berbakti atau tidak. Saya kira kuncinya itu," ujar Prabowo. 

Sebelumnya hasil Rapimnas Partai Golkar memutuskan memilih putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto.

Keputusan ini sudah diserahkan ke Gibran yang hadir di acara penutupan Rapimnas Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga: [FULL] Pidato Prabowo Usai Golkar Usulkan Gibran Jadi Cawapresnya di Pilpres 2024

Airlangga menjelaskan usulan Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo telah dirapatkan bersama para ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar sejak Jumat (20/10/2023) malam.

Berdasarkan hasil pertemuan dengan para ketua DPD, Golkar mengusulkan dan mendukung Gibran sebagai pasangan Prabowo di Pilpres 2024. 

Pertimbangan lain tak lepas dari jumlah generasi muda, yakni milenials dan Gen-Z, di Indonesia telah mencapai 53 persen. Harapannya Gibran bisa mendongkrak suara pemilih Prabowo.

"Kami berharap Mas Gibran bisa memanfaatkan bonus demografi yang produktif," ujar Airlangga saat membacakan hasil Rapimnas Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Adapun hasil Rapimnas Golkar ini akan dibahas bersama dengan pimpinan partai di Koalisi Indonesia Maju, pendukung Prabowo sebagai capres 2024. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x