Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini Cara Ganjar agar Indonesia Tak Terjebak Jebakan Middle Income Trap

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 18:13 WIB
ini-cara-ganjar-agar-indonesia-tak-terjebak-jebakan-middle-income-trap
Bakal capres Ganjar Pranowo di acara Tim Pemenangan Nasional (TPN) di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta Barat, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres Ganjar Pranowo menjelaskan agar Indonesia tak terjebak dalam jebakan middle income trap

Menurut dia, dengan memperhatikan bonus demografi, diperlukan langkah konkrit dalam mempersiapkan masyarakat yang produktif dalam menghadapi jebakan middle income trap

“Soal Middle Income Trap, sebenarnya hari ini yang mesti dilakukan adalah, satu kita punya kesempatan bonus demografi yang tinggi. Ini masyarakat produktifnya banyak," kata Ganjar dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023). 

Baca Juga: Bacapres Ganjar Pranowo Percaya Presiden Jokowi Netral saat Pilpres 2024!

Ganjar menyebut dengan menjaga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi kunci penting yang dapat diwujudkan melalui upaya memperluas akses pendidikan dan memperbaiki layanan kesehatan yang tersedia.

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya pengoptimalan potensi ekonomi sebagai langkah krusial dalam menghindari jebakan negara berpendapatan menengah. 

Ia menilai dalam 10 hingga 13 tahun ke depan dibutuhkan sebuah akselerasi dalam memenuhi tantangan tersebut. 

Di antaranya seperti tindakan yang cepat dan efektif, dengan menyiapkan kekuatan secara komprehensif.

Lalu, sistem anggaran yang efisien dan tepat sasaran memegang peran yang penting dalam mendukung langkah-langkah tersebut. 

Ganjar menambahkan, perlunya fokus pada sektor pangan yang berdaulat dan kuat, transisi energi yang efisien, serta peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan. 

Dengan optimisme, ia menyatakan keyakinannya bahwa dengan upaya yang tepat, Indonesia memiliki potensi besar untuk mencapai tujuan ini, menghadapi middle income trap. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x