Kompas TV nasional politik

Sebut 2030 Ada 68 Persen Penduduk Indonesia Berusia Muda, Jokowi: Cuma Sekali dalam Peradaban Bangsa

Kompas.tv - 6 November 2023, 22:31 WIB
sebut-2030-ada-68-persen-penduduk-indonesia-berusia-muda-jokowi-cuma-sekali-dalam-peradaban-bangsa
Presiden RI Joko Widodo saat membawakan sambutan di acara peringatan HUT ke-59 Partai Golkar di Jakarta, Senin (6/11/2023) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pada tahun 2030 sebanyak 68 persen penduduk Indonesia merupakan penduduk berusia produktif atau generasi muda, dan itu hanya terjadi sekali dalam peradaban sebuah bangsa.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat membawakan sambutan dalam acara hari ulang tahun (HUT) ke-59 Partai Golongan Karya (Golkar) di Jakarta, Senin (6/11/2023) malam.

Jokowi mengawali sambutannya dengan mengungkapkan perasaan bahagianya karena ratusan tokoh muda Golkar hadir pada kegiatan itu.

“Saya sangat senang, malam hari ini hadir ratusan tokoh muda Golkar dari seluruh Tanah Air, tadi yang under (di bawah) 40 (tahun) paling ramai ini kalau anak-anak muda sudah bersuara.”

Baca Juga: Bawakan Sambutan di HUT ke-59 Golkar, Jokowi: Mestinya Pertarungan Gagasan, Bukan Perasaan

“Senang saya, semangat-semangat sekali, dan saya berharap semangat para tokoh muda Partai Golkar dapat terus berkobar untuk memajukan Indonesia,” lanjutnya.

Sebab, lanjut Jokowi, tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia segera akan mengahdapi bonus demografi.

“Artinya di tahun 2030, 68 persen penduduk Indonesia adalah penduduk berusia produktif,” tegasnya.

“Artinya generasinya generasi muda. Pemikirannya didominasi pemikiran anak-anak muda, dan semangatnya juga didominasi semangat anak-anak muda.”

Ia menegaskan bahwa dalam peradaban sebuah bangsa, momen semacam itu hanya terjadi sekali.

“Dan di dalam peradaban sebuah negara, di dalam peradaban sebuah bangsa, ini terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah bangsa.”

Baca Juga: Beri Sambutan di HUT Golkar, Prabowo Berterima Kasih pada Jokowi yang Mengalahkannya di Dua Pilpres

“Oleh sebab itu, saya senang Partai Golkar sebagai salah satu partai besar Indonesia kelihatannya memiliki kepekaan terhadap hal ini,” lanjutnya.

Menurut Jokowi, Partai Golkar telah berhasil melakukan kaderisasi dan regenerasi, sehingga banyak yang generasi muda yang hadir di partai berlambang pohon beringin itu.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x