Kompas TV nasional humaniora

Mengenal SmartASN, Medsos Khusus PNS yang Bisa Buat Bikin Status hingga Mendengar Podcast

Kompas.tv - 21 November 2023, 08:00 WIB
mengenal-smartasn-medsos-khusus-pns-yang-bisa-buat-bikin-status-hingga-mendengar-podcast
Ilustrasi ASN. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengembangkan media sosial khusus untuk Aparatur sipil negara (ASN), yang diberi nama SmartASN. (Sumber: Menpan.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengembangkan media sosial atau medsos khusus untuk Aparatur sipil negara (ASN), yang diberi nama SmartASN.

Ada 78 kementerian dan lembaga, serta Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang dijadikan pilot project SmartASN.

“Saat ini piloting dilakukan di 78 kementerian dan lembaga plus satu Otorita IKN. Tahun 2024 akan dilakukan piloting di pemerintah daerah,” kata Asisten Deputi Percepatan Transformasi Digital Manajemen SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo, Senin (20/11/2023).

Ia menjelaskan, tampilan SmartASN diciptakan persis seperti media sosial pada umumnya sehingga mudah digunakan. Para PNS yang menjadi pengguna bisa menulis semacam status tanpa batasan karakter serta bisa melihat-lihat profil pengguna lainnya. 

Namun, setiap pengguna bisa memilih informasi apa saja yang ditampilkan dalam profil. Saat ini, KemenpanRB bersama instansi terkait sedang mengumpulkan data yang nantinya akan masuk dalam SmartASN.

Baca Juga: ASN Amerika Serikat Makin Keras Melawan Kebijakan Biden yang Dukung Serangan Israel atas Gaza

“Sistematikanya sama dengan media sosial yang sering kita pakai. Kita bisa saling follow, saling ngobrol, dan lain sebagainya,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi Kemenpan RB. 

Dalam medsos SmartASN itu, akan tersedia modul pembelajaran dalam beberapa bentuk secara gratis. Pertama, adalah buku elektronik atau e-book. E-book ini juga bisa dibagikan ke pengguna lainnya.

Kedua, adalah audio book. Ari menjelaskan, audio book ini berupa e-book yang sifatnya bisa didengar. Selain itu juga ada rekaman podcast dan talkshow

Jenis pembelajaran ketiga adalah informasi mengenai acara seperti webinar atau seminar. Sifatnya hanya sebagai informasi mengenai acara-acara yang akan datang.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x