Kompas TV nasional peristiwa

Ketua Komisi I DPR RI Sebut Maruli Simanjuntak Tepat jadi KSAD dan Dapat Banyak Penghargaan

Kompas.tv - 29 November 2023, 16:49 WIB
ketua-komisi-i-dpr-ri-sebut-maruli-simanjuntak-tepat-jadi-ksad-dan-dapat-banyak-penghargaan
Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid menilai Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak sebagai sosok yang tepat untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menilai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak merupakan sosok yang tepat untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). 

Menurut Meutya, kemampuan, pengalaman, serta karakter Maruli Simanjuntak sudah sangat tepat untuk menempati posisi orang nomor satu di TNI Angkatan Darat (AD).

"Pak Maruli salah satu pati terbaik yang dimiliki TNI AD. Kecakapan, kemampuan serta pengalaman beliau yang banyak mendapat penghargaan brevet dari dalam dan luar negeri seperti Amerika Serikat, Inggris dan Thailand bukti bahwa beliau figur yang tepat untuk menjadi KSAD," kata Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/11/2023).

Meutya mengungkapkan, Letjen Maruli Simanjuntak merupakan pencetus program TNI AD Manunggal Air.

Program manunggal air merupakan program penyediaan air bersih bagi warga, di tempat-tempat yang memang belum terakses air bersih, seperti di wilayah tandus, hingga daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). 

"Ada ratusan ribu penduduk dari Aceh sampai Merauke yang terbantu akses airnya dengan adanya program TNI AD Manunggal Air yang digagas oleh Pak Maruli," kata politisi dari Partai Golkar itu.

Baca Juga: Maruli Simanjuntak Dilantik jadi KSAD, Wapres Tekankan Netralitas Jelang Pemilu 2024

Meutya Hafid berharap, Maruli Simanjuntak dapat meneruskan dan meningkatkan program-program kerja TNI AD yang telah berjalan.

"Harapan saya ke depan, TNI Angkatan Darat semakin profesional, maju, dan tentunya yang paling penting adalah TNI Angkatan Darat selalu di hati rakyat," tegasnya.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD, dan pangkatnya naik menjadi Jenderal TNI.

Pelantikan itu dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu siang, sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Maruli mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

Baca Juga: SAH! Maruli Simanjuntak Jabat Kepala Staf Angkatan Darat, Naik Pangkat jadi Jenderal TNI

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Maruli, mengikuti ucapan Presiden Jokowi pada Rabu (29/11/2023).

Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Maruli Simanjuntak sebagai Kasad dalam acara pelantikan ini.

Kemudian, Presiden Jokowi menandatangani berita acara pengangkatan sumpah jabatan.

Mulai hari ini, Rabu (29/11/2023) Maruli menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang telah dilantik sebagai Panglima TNI.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x