Kompas TV nasional rumah pemilu

Peringatan HUT Armada RI, KSAL Ingatkan Peran Penting TNI AL di Pemilu 2024

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 12:35 WIB
peringatan-hut-armada-ri-ksal-ingatkan-peran-penting-tni-al-di-pemilu-2024
KSAL TNI Laksamana Muhammad Ali mengingatkan peran penting TNI AL di tahun politik untuk memastikan pemilu berjalan jujur dan adil. Hal tersebut disampaikan KSAL Ali dalam upacara peringatan HUT ke-78 Armada RI, Selasa (5/12/2023). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengingatkan peran penting TNI AL di tahun politik dan pemilu.

Hal tersebut disampaikan KSAL Ali dalam amanatnya pada upacara peringatan HUT Armada RI, Selasa (5/12/2023).

Dalam amanatnya itu, Ali mengatakan bahwa keberadaan Armada yang handal tidak hanya simbol kekuatan tapi juga peran bagi TNI AL untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Ia kemudian mengingatkan peran TNI AL di tahun politik yang sangat penting untuk kesuksesan pemilu.

"Melalui tema Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju, peringatan Hari Armada RI di tahun ini merupakan wahana merefleksi diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai," kata Ali.

"Selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta, atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut Nusantara."

"Saya ingatkan bahwa di tahun politik peran Armada sangat penting dalam mendukung kelancaran pesta demokrasi di Tanah Air," ucapnya.

Baca Juga: Disebut Berpeluang Gantikan Panglima TNI Yudo Margono, KSAL Ali: Saya Enggak Mikir ke Sana

Ali menegaskan bahwa TNI AL harus memastikan pemilu di Indonesia bisa berjalan jujur dan adil.

Selain itu, alutsista milik Armada juga harus siap membantu pemerintah dalam hal distribusi logistik pemilu ke pulau terpencil dan terluar.

"TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan pemilu berjalan jujur dan adil," lanjutnya.

"Alutsista Armada harus siap membantu pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik pemilu sampai dengan pulau-pulau terpencil dan pulau-pulau terluar," tegas Ali.

Upacara tahun ini merupakan peringatan HUT ke-78 Armada RI yang dilakukan setiap tanggal 5 Desember.

Dalam upacara peringatan hari ini, sejumlah marinir TNI AL yang berprestasi mendapatkan penghargaan serta kenaikan pangkat.

Setelah upacara berakhir, ada pula defile dan demonstrasi alutsista serta kekuatan pasukan TNI AL. 


Baca Juga: Sosok Doni Monardo di Mata Panglima TNI Agus Subiyanto



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x