Kompas TV nasional rumah pemilu

2.120 Personel Gabungan dan 5 Sumber Listrik PLN Amankan Debat Capres Malam Ini

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 13:05 WIB
2-120-personel-gabungan-dan-5-sumber-listrik-pln-amankan-debat-capres-malam-ini
Tiga calon presiden yang akan maju di Pemilihan Presiden 2024, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo (dari kiri ke kanan), saat memberikan keterangan kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (30/10/2023). (Sumber: Cyprianus Anto Saptowaluyo/Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan bahwa pasokan listrik untuk debat capres perdana yang dilaksanakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta disiapkan hingga lima lapis sumber.

Pasokan listrik untuk debat capres telah disiapkan PLN Unit Induk Distribusai Jakarta Raya.

"PLN siap dengan pasokan listrik sampai lima lapis untuk mengamankan debat capres-cawapres perdana di KPU, tentunya dengan berbagai skenario yang tertuang dalam SOP," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran, Selasa (12/12/2023).

Debat capres edisi perdana akan dilangsungkan pada Selasa (12/12) mulai pukul 19.00 WIB. 

Lasiran menyebut, pihaknya menyiapkan tiga sumber listrik yang berasal dari PLN langsung, yakni satu pasokan utama dan dua pasokan cadangan.

Sedangkan sumber listrik keempat berasal dari uninterruptible power supply (UPS), dan pasokan kelima bersumber dari genset.

Baca Juga: KPU Jamin Debat Capres Tak Seperti Cerdas Cermat, Ada 4 Segmen Interaksi Antarpaslon

Lasiran menjelaskan bahwa aspek kelistrikan untuk menyambut debat capres di Kantor KPU telah disiapkan selama enam bulan.

Semua sumber listrik yang disiapkan PLN disebut telah diuji dalam berbagai simulasi.

"Kami telah berkoordinasi dengan KPU dan melakukan uji simulasi terhadap skenario kelistrikan yang telah dibuat," kata Lasiran dikutip Kompas.com.

Lasiran pun menyatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah penguatan untuk menyambut debat capres-cawapres.

Langkah-langkah yang telah ditempuh PLN adalah inspeksi gardu distribusi listrik, pemeliharaan gardu distribusi listrik, survei keandalan, mobilisasi dan pemasangan peralatan pendukung, serta simulasi skenario keandalan listrik.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes, Susatyo Purnomo Condro menyebut pihaknya akan menerjunkan 2.120 personel gabungan untuk mengamakan debat capres perdana di Kantor KPU malam nanti.

"Terdapat 2.120 personel gabungan yang terlibat untuk pengamanan pada acara malam ini," kata Kombes Susatyo.

"Untuk jumlah dari pendukung paslon juga sudah dibatasi, tata tertib sudah diatur KPU, kami hanya melaksanakan teknis pengamanannya," lanjutnya.

Baca Juga: Jelang Debat Capres, TPN: Ganjar-Mahfud Ingin Kembalikan Kekuatan KPK



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x