Kompas TV nasional hukum

Sepak Terjang Vigit Waluyo, Aktor Intelektual Pengaturan Skor yang Tak Pernah Tersentuh Hukum

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 05:34 WIB
sepak-terjang-vigit-waluyo-aktor-intelektual-pengaturan-skor-yang-tak-pernah-tersentuh-hukum
VW yang merupakan aktor intelektual kasus pengaturan skor yang sudah dikenal sejak 2008, dan tak pernah tersentuh hukum. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut tersangka Vigit Waluyo atau VW merupakan aktor intelektual yang melakukan pengaturan skor atau match fixing pertandingan-pertandingan sepak bola di Indonesia.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan bahwa Vigit Waluyo merupakan sosok yang sudah malang melintang di dunia sepak bola Tanah Air.

"Ada salah satu aktor intelektual pengatur skor yang mungkin namanya cukup malang melintang di dunia pesepakbolaan dengan inisial VW (Vigit Waluyo)," kata Kapolri Listyo Sigit dalam konferensi pers Satgas Anti-Mafia Bola di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga: Berikut Daftar Inisial Tersangka Pengaturan Skor di Liga 2 Indonesia, Empat Wasit Terlibat

Menurut Kapolri, nama Vigit Waluyo sudah dikenal di kalangan sepak bola nasional sejak 2008. Orang itu, kata Jenderal Listyo, selama ini tidak pernah tersentuh oleh hukum.

Namun, berkat data intelijen yang diberikan PSSI kepada Satgas Anti-Mafia Bola berhasil mengungkap tindak pidana match fixing dalam pertandingan kompetisi liga.

"Kami temukan ada upaya pengaturan skor agar klub yang akan terdegradasi (bisa) lolos," ujar Kapolri, dikutip dari tayangan KompasTV.

Adapun Vigit Waluyo merupakan satu dari delapan orang tersangka kasus mafia bola pengaturan skor pertandingan sepak bola kompetisi Liga 2 yang terjadi pada November 2018.

Kepala Satgas Anti-Mafia Bola Irjen Pol Asep Edi Suheri menjelaskan kedelapan orang tersangka itu terdiri atas empat orang wasit masing-masing berinisial K, RP, AS, dan R, serta satu orang asisten manajer klub berinisial DRN.

Baca Juga: Polisi akan Segera Tampilkan Aktor Pengaturan Skor Liga 2 ke Publik

Kemudian satu LO wasit berinisial KM dan seorang kurir berinisial GAS yang masih berstatus DPO (daftar pencarian orang).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x