Kompas TV nasional politik

Presiden Pakai Dasi Kuning ke Jepang, Politikus Golkar: Kode Jokowi Nyaman dengan Partai Kuning

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 19:24 WIB
presiden-pakai-dasi-kuning-ke-jepang-politikus-golkar-kode-jokowi-nyaman-dengan-partai-kuning
Presiden Joko Widodo memegang dasi kuning yang dipakainya sebelum berangkat kunjungan kerja ke Jepang. Dasi kuning yang dikenakan Jokowi sempat menjadi perhatian awak media dan menanyakanya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12/2023) pagi. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus Partai Golkar, Ravindra Airlangga menyebut penampilan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi yang memakai dasi kuning saat berkunjung ke Jepang, Sabtu (16/12/2023) lalu menandakan bahwa Jokowi "nyaman" dengan partainya. Ravindra menyebut Jokowi sesuai dengan partai berlambang beringin tersebut.

Putra Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto menyampaikan bahwa kode Jokowi merapat ke Golkar menguat karena sang presiden disebutnya sering dikaitkan dengan partai yang didirikan oleh Soeharto itu.

"Ini kode dari Pak Jokowi. Biasanya, kan, beliau mengenakan dasi warna lain, sekarang berubah kuning," kata Ravindra di Jakarta, Senin (18/12). 

"Buat kami partai kuning (Golkar), ini kode Pak Jokowi menunjukkan kenyamanan dengan filosofi Golkar,” lanjutnya sebagaimana dikutip Antara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Isyaratkan Sesuatu saat Pakai Dasi Kuning sebelum Berangkat ke Jepang

Ravindra pun menyebut pihaknya akan melanjutkan pembangunan rezim Jokowi. Untuk itu, ia menyebut generasi muda di Partai Golkar bisa berjuang bersama tokoh muda yang lain untuk melanjutkan pembangunan era Jokowi.

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, saat ditanya wartawan soal kenapa memakai dasi kuning, Jokowi enggan menjawab jelas dan seakan memberi isyarat. "Masa enggak tahu?" kata Jokowi seraya tersenyum lebar.

Meskipun ramai dikaitkan dengan isyarat politis, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI Pratikno menyebut Jokowi memakai dasi kuning hanya karena kesulitan mencari dasi. Sehingga, Jokowi mesti memakai dasi dengan warna yang tidak biasa dipakainya.

"Tadi beliau cerita kesulitan cari dasi, jadi yang ada aja dipakai," kata Pratikno di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12).

Baca Juga: Dapat Dukungan Golkar, PAN dan Demokrat, Khofifah Sudah Kantongi Tiket Menuju Pilkada 2024


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x