Kompas TV nasional rumah pemilu

Jubir Timnas AMIN Sebut Candaan Zulhas tentang Salat Tidak Lucu dan Buat Banyak Orang Tersinggung

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 18:36 WIB
jubir-timnas-amin-sebut-candaan-zulhas-tentang-salat-tidak-lucu-dan-buat-banyak-orang-tersinggung
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas saat meninjau Pasar Tanah Abang, Kamis (28/9/2023). Nama Zulhas viral lantaran polemik candaannya tentang salat. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Billy David menyebut candaan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan alias Zulhas tentang salat tidak lucu. Billy menilai banyak orang tersinggung akibat perkataan tersebut.

Zulhas berusaha bercanda tentang salat saat memberi sambutan acara rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah Selasa (19/12/2023).

Zulhas yang juga Ketua Umum PAN itu menyebut kini terdapat orang yang enggan mengucapkan "aamiin" usai Al-Fatihah saking cintanya pada capres Prabowo Subianto.

Baca Juga: Ramai Zulhas Sebut Soal Gerakan Salat Dikaitkan Terlalu Cinta Prabowo, Petinggi PAN Buka Suara

Billy menyebut candaan Zulhas yang dipandang tidak tepat itu amat disayangkan. Menurutnya, klarifikasi dari pihak Zulhas atau tim Prabowo-Gibran akan percuma karena omongan Zulhas telah tersebar luas.

"Kapasitas beliau sebagai menteri, kapasitas beliau sebagai ketua partai politik di forum yang seperti itu, tentu semua orang menyayangkan," kata Billy di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Billy menilai Zulhas perlu segera meminta maaf kepada masyarakat atas ucapan tersebut. Menurutnya, banyak yang tersinggung akibat kata-kata Zulhas.

"Itu juga pasti akan menyinggung beberapa golongan, banyak orang juga yang tersinggung dari pernyataan beliau," kata Billy sebagaimana dikutip Antara.

Ia pun mengajak tokoh-tokoh publik menjaga tutur kata dan menghindari kelakar soal agama. "Kemarin kan ketika nggak lama setelah Pak Prabowo bilang 'ndasmu' terus kemudian Pak Zulhas," ungkap dia.

Potongan video candaan Zulhas sendiri viral di media sosial sejak Selasa (19/12) kemarin. Dalam kesempatan tersebut, ia diketahui bicara tentang perang Israel-Palestina, demokrasi, hingga keberlanjutan kinerja Presiden Jokowi. Kemudian, Zulhas juga melontarkan candaan yang diduga menyinggung agama.

“Saya keliling daerah, Pak Kiai. Sini aman sini, Jakarta nggak ada masalah, yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi kalau salat Maghrib baca Al Fatihah, 'waladholin... ' ada yang diam sekarang Pak, ada yang diam sekarang, ada Pak sekarang diam, banyak, sangking cintanya sama Pak Prabowo itu,” kata Zulhas saat rakernas APPSI.

Baca Juga: JK Dukung AMIN, PKS: Bisa Tambah Basis Dukungan dari Pengusaha dan Pebisnis


 



Sumber : Antara, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x