Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Ingin Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi untuk Pembangunan Indonesia

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 16:33 WIB
ganjar-ingin-kolaborasi-dengan-perguruan-tinggi-untuk-pembangunan-indonesia
Capres RI Ganjar Pranowo usai mengunjungi pabrik rokok di Bantul, Yogyakarta, Selasa (19/12/2023). (Sumber: Narda Margaretha Sinambela/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengaku ingin berkolaborasi dengan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia untuk mewujudkan program kerjanya terkait pembangunan.

Ganjar mengaku sudah menyiapkan desain kerja sama dengan perguruan tinggi bersama Mahfud MD.

Sebelumnya, Ganjar mengaku siap menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) terkait kedaulatan pangan.

Ganjar juga mengaku ingin bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI).

Baca Juga: TKN Prabowo-Gibran Sebut Program Makan Siang dan Susu Gratis Tak Pakai Anggaran Bansos

"Umpama kami bicara soal transisi energi, saya kira sekolah-sekolah teknik, ITB, ITS, saya kira bisa kami lakukan," kata Ganjar di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

"Kami bicara soal bagaimana pertumbuhan ekonomi agar bisa tumbuh cepat dan kita tidak terjebak dalam middle-income trap (perangkap berpendapatan menengah). Menurut saya, UGM, UI, yang punya tim ekonomi bagus, bisa kami libatkan dan banyak perguruan tinggi swasta juga hebat-hebat yang bisa kami ajak kolaborasi," sambungnya.

Eks gubernur Jawa Tengah itu juga menyatakan, kerja sama dengan perguruan tinggi diperlukan pemerintahannya jika terpilih dalam Pilpres 2024.

"Ada banyak perguruan tinggi, karena kita ada sektor-sektor dan subsektor yang harus kami bereskan, terutama soal kedaulatan pangan. Saya kira IPB dan beberapa perguruan tinggi lain bisa," kata Ganjar dikutip Antara.

Baca Juga: Ganjar Tegaskan Sudah Lama Tahu JK Dukung AMIN: Beliau Sudah Ada di Samping Anies



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x