Kompas TV nasional rumah pemilu

Kompak, Ganjar-Mahfud Tiba di JCC Kenakan Baju Adat Rote dan Madura

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 19:23 WIB
kompak-ganjar-mahfud-tiba-di-jcc-kenakan-baju-adat-rote-dan-madura
Ganjar-Mahfud tiba di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tiba di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Jumat (22/12/2023) malam.

Kedua pasangan ini kompak mengenakan baju adat asal Indonesia. Ganjar terpantau memakai baju adat asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Mahfud memakai pakaian khas Madura.

Pakaian adat Ganjar terdiri dari kain tenun ikat yang dikenakan sebagai selempang dan kain penutup bagian bawah. Pakaian adat ini merupakan pakaian adat Suku Rote di NTT.

Melansir laman Gramedia.com, keunikan dan ciri khas pakaian adat suku Rote terletak pada penutup kepala atau topi yang disebut Ti’i Langga. Ti’i Langga bentuknya mirip seperti topi Sombrero yang dipakai oleh masyarakat Meksiko.

Topi yang terbuat dari daun lontar ini lebih tahan lama dan memiliki variasi bentuk yang menarik. Jika sudah mengering, daun lontar dapat berubah warna menjadi kekuningan atau coklat.

Sementara, Mahfud mengenakan baju adat Madura, daerah asalnya. Mahfud yang kelahiran Sampang, Madura ini mengenakan baju Pesa'an, baju adat khas Madura berwarna hitam. Ada filosofi menarik di balik wujud pakaian Pesa’an ini. Wujudnya yang serba longgar merupakan perwujudan dari masyarakat Madura yang begitu menghargai suatu kebebasan.

Sementara itu, kaos dengan warna belang hitam dan putih yang merupakan dalaman dari baju luaran Pesa’an itu disebut menunjukkan mental pejuang, pemberani, dan tegas yang dimiliki oleh Suku Madura. Tak lupa, Mahfud juga mengenakan odheng, penutup kepala laki-laki berbahan dasar kain batik.

Ganjar nampak ditemani sang istri Siti Atikoh, dan Mahfud ditemani istrinya Zaizatun Nihayati. 


Baca Juga: Satu Mobil, Prabowo-Gibran Tiba di JCC Jelang Debat Cawapres

Debat cawapres ini juga akan ditayangkan secara langsung di Kompas TV pukul 19.00 WIB. 

Tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, arena debat sedang disterilisasi oleh aparat kepolisian dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. 

Sejumlah personel kepolisian terlihat mengamankan pintu masuk untuk masuk ke ruangan debat. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x