Kompas TV nasional rumah pemilu

Muhaimin Sebut Perlu Penegakan Hukum untuk Bangun Investasi, Mahfud: Itu Normatif, di Lapangan Sulit

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 20:51 WIB
muhaimin-sebut-perlu-penegakan-hukum-untuk-bangun-investasi-mahfud-itu-normatif-di-lapangan-sulit
Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menjanjikan Kredit Usaha Anak Muda (KAMU) dan mengucurkan Rp5 miliar per desa per tahun. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyebut kredibilitas pemerintah dan hukum harus ditegakkan untuk membangun kepercayaan agar semua yang berinvestasi di Indonesia merasa aman.

Pernyataan Muhaimin tersebut disampaikan dalam debat perdana cawapres atau debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023).

“Kredibilitas pemerintah, hukum, harus ditegakkan untik membangun trust (kepercayaan, red) agar semua yang investasi merasa aman,” ucapnya.

Muhaimin menjawab pertanyaan panelis tentang bagaimana strategi meningkatkan investasi untuk usaha menengah dan mendorong usaha kecil naik kelas.

Baca Juga: Ditanya Ekonomi Digital, Mahfud Singgung Pinjol: Rakyat Jadi Korban, Banyak yang Bunuh Diri

Invetasi, kata Muhaimin, merupakan salah satu yang paling penting buat pertumbuhan ekonomi kita.

Investasi, menurut dia, tidak akan mau ke Tanah Air kita apabila tidak dibangun kepercayaan, kepercayaan internasional, kepercayaan dalam negeri dengan kepastian hukum dan terjaganya kestabilan usaha yang berkembang di masyarakat.

“Di sisi lain, investasi juga masih sangat tertutup dan tidak hanya berkonsentrasi pada investasi yang menumpuk pada sektor tertentu atau padat modal.”

“Kita perlu menggeser investasi ini menjadi padat karya yang bisa melibatkan seluruh anak bangsa mendapatkan pekerjaan,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjut Cak Imin, sapaan akrabnya, investasi yang transparan akan membuka akses usaha kecil dan menengah terlibat dalam proses investasi  yang masuk.

“Kedua, agar investasi bisa masuk ke kalangan UMKM dan seluruh pelaku usaha kecil, maka kita harus kuatkan kapasitas dan kualitas produksi dari UMKM kita.”

“Sekaligus tanggung jawab pemerintah meyakinkan sekaligus memberi fasilitas kemampuan pemasaran untuk meyakinkan calon investor, baik dalam maupun luar negeri,” bebernya.

Yang lebih penting dari itu, lanjut Muhaimin, adalah kepastian hukum, termasuk di dalamnya adalah jaminan bahwa investasi tidak akan disalahgunakan dan tidak menjadi beban baru.

Merespons hal itu, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menyebut penjelaan Cak Imin sangat normatif.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x