Kompas TV nasional peristiwa

Ini Kompensasi yang Diberikan KAI kepada Penumpang Terdampak Tabrakan Kereta di Bandung

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 14:27 WIB
ini-kompensasi-yang-diberikan-kai-kepada-penumpang-terdampak-tabrakan-kereta-di-bandung
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya. (Sumber: KAI Daop 8)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan kompensasi kepada penumpang yang terdampak kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, untuk pemberian kompensasi kepada penumpang terdampak kecelakaan ini, KAI mematuhi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. 

"Dalam hal keterlambatan keberangkatan kereta api antarkota lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket," kata Joni dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Jika tidak membatalkan tiket, maka:

a. Diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam.

b. Diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam.

Baca Juga: Perjalanan Kereta Terganggu Akibat Tabrakan KA Turangga Vs Bandung Raya

Joni menyampaikan hingga kini tidak ada korban jiwa yang menimpa penumpang akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.03. 

Dari total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang, ada sekitar 37 penumpang yang luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit terdekat, untuk mendapat perawatan dengan rincian sebagai berikut:

- RSUD Cicalengka 32 orang

- RS Edelweis 2 Orang

- RS AMC 2 Orang

- RS Santosa 1 orang.

KAI juga sangat berduka dan menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya 4 petugas KA, terdiri dari: Masinis, Asisten Masinis, Pramugara, dan Security, akibat peristiwa KKA tersebut.

Baca Juga: Update Jumlah Korban Tabrakan KA Turangga: 4 Pegawai KAI Meninggal, 478 Penumpang Selamat

"Kami sangat berduka atas meninggalnya 4 petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," ujar Joni. 

Lantas, para penumpang yang selamat dan telah dievakuasi, langsung dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang KAI sediakan.

Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. 

Bagi perjalanan KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Baca Juga: 3 KA Jarak Jauh Bandung-Surabaya Telat 2 Jam Imbas Kecelakaan Kereta, KAI Beri Kompensasi Penumpang

"KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya."



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x