Kompas TV nasional rumah pemilu

Timnas AMIN Tegaskan Anies Tak Serang Personal Prabowo dalam Debat Capres: Pernyataan Biasa Saja

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 06:30 WIB
timnas-amin-tegaskan-anies-tak-serang-personal-prabowo-dalam-debat-capres-pernyataan-biasa-saja
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menyampaikan pandangannya dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. (Sumber: Kompas.tv/Antara)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyatakan Anies tidak menyerang secara personal capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1/2024).

Menurut Ketua Dewan Pakar Timnas AMIN Hamdan Zoelva, pernyataan Anies dalam debat capres merupakan pernyataan yang biasa saja.

"Saya perlu tegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh Pak Anies itu sejak awal adalah sebuah pernyataan biasa saja," kata Zoelva di Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Ia menambahkan, apabila Prabowo menanggapi pernyataan Anies secara biasa, tidak ada persoalan seperti yang saat ini sedang santer diberitakan.

Zoelva mengatakan sumber data Anies saat debat berasal dari mesin pencarian atau jejak digital.

Baca Juga: Dikritik Jokowi, KPU Tegaskan Tak akan Ubah Format Debat Capres-Cawapres 2024

Ia menegaskan, debat itu juga sama sekali tidak menyerang pribadi, melainkan kebijakan dan masalah kenegaraan yang memang harus dibuka kepada publik.

"Sebenarnya kalau pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh Pak Anies dijawab dengan santai, biasa saja, tidak ada masalah apa-apa," jelasnya.

"Kalau seandainya saya sih itu saya jawab santai saja, biasa saja, jadi enggak ada suasana serang," sambungnya, seperti dilansir Antara.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015 itu menambahkan, saat debat pilpres, para kandidat memang harus terbuka kepada masyarakat atau pemilih.

Menurut dia, keliru apabila pernyataan Anies dinilai menyerang, karena pasangan cawapres Muhaimin Iskandar itu hanya menyampaikan data yang ada.

"Debat ini menyangkut masalah kenegaraan, yang memang harus dibuka, termasuk rekam jejak masing-masing. Karena itu lah maksudnya debat itu," katanya.

Baca Juga: Anies Dilaporkan ke Bawaslu, Muhaimin: yang Dimulai dari Forum Debat Diselesaikan di Forum Debat

Anies Dilaporkan




Sumber : Kompas TV, Antara, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x