Kompas TV nasional humaniora

Siapa Tom Lembong? Ini Profil Co-Captain Timnas AMIN yang Disebut Gibran di Debat Cawapres 2024

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 11:30 WIB
siapa-tom-lembong-ini-profil-co-captain-timnas-amin-yang-disebut-gibran-di-debat-cawapres-2024
Profil Thomas Lembong atau akrab disapa Tom Lembong, mantan Menteri Perdagangan RI yang disebut cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka pada debat Cawapres, Minggu (21/1/2024) (Sumber: Kontan.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Thomas Lembong atau akrab disapa Tom Lembong menjadi trending topik setelah disebut calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat capres-cawapres, Minggu (21/1/2024).

Dalam sesi debat tersebut, Gibran menyebut cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mencontek catatan yang dibuat oleh Tom Lembong.

Alhasil, nama Tom Lembong pun mendadak trending di Twitter. Hingga Senin (22/1) pukul 10.00 WIB, tak kurang dari 106.000 cuitan terkait Tom Lembong dituliskan oleh warga Twitter.

Profil Tom Lembong

Thomas Trikasih Lembong, akrab disapa Tom Lembong saat ini menjabat sebagai co-captain Tim Nasional Anis Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) untuk Pilpres 2024.

Ia lahir pada 4 Maret 1971 dari pasangan Yohanes Lembong (Ong Joe Gie), seorang dokter ahli jantung dan THT lulusan Universitas Indonesia asal Manado, dan Yetty Lembong, seorang ibu rumah tangga asal Tuban. 

Baca Juga: Gibran Sebut Cak Imin Tak Paham Pertanyaan Sendiri: Mungkin Dapat Contekan Tom Lembong

Tom Lembong dikenal luas sebagai salah satu menteri di periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI pada Agustus 2015 hingga Juli 2016. Setelah tidak menjadi Menteri, Tom menjabat sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia sejak Juli 2016 hingga Oktober 2019.

Awal Karir Tom Lembong

Tom Lembong menerima gelar Bachelor of Arts di bidang arsitektur dan desain perkotaan dari Universitas Harvard pada tahun 1994.

Ia memulai karirnya di Divisi Ekuitas Morgan Stanley (Singapore) Pte. Ltd pada tahun 1995. Tom bekerja sebagai bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia dari tahun 1999 hingga 2000.

Ia kemudian menjabat sebagai kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dari tahun 2000 hingga 2002 dan bekerja di Farindo Investments dari 2002 hingga 2005.

Sebelum diangkat menjadi anggota kabinet, Ia adalah salah satu pendiri, Chief Executive Officer, dan Managing Partner di Quvat Management Pte. Ltd, sebuah dana ekuitas swasta yang didirikan pada tahun 2006.

Tom Lembong menjabat sebagai presiden komisaris PT Graha Layar Prima Tbk (BlitzMegaplex) dari tahun 2012 hingga 2014.

Ia juga terpilih sebagai Pemimpin Muda Global oleh Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2008. Ia dianugerahi Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship pada tahun 2017.

Baca Juga: Anies Umumkan Jajaran Timnas Pemenangan AMIN, Ada Thomas Lembong dan Co-Founder Tokopedia

Penulis Pidato Jokowi

Melansir Kontan.id, kedekatan Tom Lembong dengan Jokowi sudah terjadi sejak ayah Gibran ini menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Pada tahun 2013, Tom Lembong adalah penasihat ekonomi dan penulis pidato Jokowi. Hingga Jokowi menjadi Presiden RI, Tom Lembong tetap dibelakang Jokowi.

Tom Lembong adalah orang di balik layar yang menulis beberapa pidato Presiden Jokowi yang paling ikonik.

Salah satunya adalah pidato “Game of Thrones” pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada tahun 2018, dan pidato “Thanos” yang disampaikan Kepala Negara saat berbicara di Forum Ekonomi Dunia.

Awal Mula Tom Lembong Disebut Gibran



Sumber : Kontan.id, iiss.org


BERITA LAINNYA



Close Ads x