Kompas TV nasional politik

Viral Video Salam 2 Jari dari dalam Mobil Kepresidenan, Wapres: Laporkan ke Bawaslu

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 22:35 WIB
viral-video-salam-2-jari-dari-dalam-mobil-kepresidenan-wapres-laporkan-ke-bawaslu
Potongan video seseorang mengacungkan dua jari dari dalam mobil Kepresidenan saat kunjungan kerja Presiden Jokowi di Salatiga yang viral di media sosial. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bawaslu RI diminta bertindak dan mengusut dugaan pelanggaran Pemilu terkait bantuan sosial (Bansos) dan video pose dua jari dari mobil Kepresidenan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mempersilahkan masyarakat melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu yang menjadi sorotan publik belakangan ini. 

Salah satunya soal video viral seseorang mengacungkan pose dua jari dari dalam mobil yang ikut iring-iringan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Salatiga, Jawa Tengah. 

Wapres mengingatkan sudah ada lembaga yang memiliki wewenang untuk menangani dan mengusut dugaan pelanggaran Pemilu. Lembaga tersebut adalah Bawaslu RI. 

"Saya kira kalau masalah-masalah yang berkait dengan pemilu, kampanye ada beras bansos ada gambar itu saya kira supaya disampaikan kepada Bawaslu saja," ujar Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga: PDIP Respons Video Salam 2 Jari dari Mobil Kepresidenan RI

Wapres meyakini Bawaslu RI akan menindaklanjuti laporan yang dilayangkan masyarakat terkait dugaan pelanggaran Pemilu. 

Tindak lanjut dari Bawaslu ini nantinya akan menghasilkan kesimpulan laporan tersebut masuk pelanggaran Pemilu atau tidak.

Begitu juga soal video viral seseorang acungan salam dua jari dari mobil kepresidenan, Ma'ruf juga mempersilakan masyarakat untuk melapor ke Bawaslu. 

"Termasuk itu juga nanti urusan Bawaslu. Nanti Bawaslu yang memberikan apakah itu ada semacam pelanggaran apa tidak," ujar Wapres Ma'ruf, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV

Sebelumnya video seseorang mengacungkan salam dua jari dari dalam mobil yang ikut iring-iringan kunjungan kerja Presiden Jokowi di Salatiga juga mendapat sorotan.

Baca Juga: Soal Salam Dua Jari dari Mobil Presiden, Cak Imin: Jangan Kampanye Pakai Fasilitas Negara, Memalukan

Presiden Jokowi tidak banyak komentar terkait peristiwa pose dua jari yang muncul dari dalam mobil yang ikut iring-iringan kunjungan kerja di Salatiga. 

Jokowi hanya mengatakan pertemuan dengan warga merupakan hal yang menyenangkan.

"Menyenangkan kan ketemu masyarakat menyenangkan," ujar Jokowi saat ditemui usai menyaksikan penyerahan pesawat C-130J Super Hercules di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/01/2024).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x