Kompas TV nasional rumah pemilu

Besok, Jokowi akan Nyoblos di TPS 10 Gambir Bersama Iriana, Ketua KPPS: Urutan Nomor 50

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 17:33 WIB
besok-jokowi-akan-nyoblos-di-tps-10-gambir-bersama-iriana-ketua-kpps-urutan-nomor-50
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat di Auditorium Universitas Tadulako, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (30/8/2023). Dapat nomor urut 50, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi akan mencoblos di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024) besok. (Sumber: BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN/RUSMAN)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 10 Gabir, Hamdi Basjar, mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Gambir, Jakarta Pusat.

Hamdi mengatakan bahwa Jokowi menempati nomor urut 50 dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan datang bersama Iriana Jokowi yang menempati nomor urut 47.

“Presiden urutan nomor 50. Kalau beliau datang bareng Ibu Iriana akan nyoblos bareng di sini,” ucap Hamdi, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga: Pemungutan Suara di Daerah Terdampak Banjir Demak Ditunda, Warga: Tak Sempat Pikirkan Pemilu

Ia mengaku belum mendapatkan informasi dari pihak Protokol Presiden terkait pukul berapa Jokowi dan Iriana akan hadir di TPS.

Namun demikian, berdasarkan pengalaman pada Pemilu sebelumnya, Jokowi akan hadir sekitar pukul 10.00-11.00 WIB.

“Untuk yang besok saya belum dapat informasi lebih lanjut dari protokol,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa undangan pencoblosan kepada Jokowi sudah disampaikan kemarin Senin (12/2).

TPS yang berlokasi di halaman Gedung Lembaga Administrasi Negara, Jalan Veteran Nomor 10, Jakarta Pusat, tersebut ungkap Hamdi, terdaftar 120 pemilih.

Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pemilih pada Pemilu 2019, di mana ada 198 pemilih dengan total pemilih yang hadir 139 pemilih.

Baca Juga: Intip Lokasi TPS Capres Cawapres: Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Beda Tempat

Selain jumlah tersebut, pihaknya mengalokasikan DPT tambahan (DPTb) sebesar 5 persen dari total 120 pemilih.

"Kuota DPTb tahun ini bertambah dari lima tahun lalu yang hanya 2 persen. Daftar pemilih tambahan ini belum ketahuan karena itu dalam kotak suara, belum boleh dibuka berapa jumlahnya. Besok dibuka jam 07.00 WIB," terang Hamdi.


 




Sumber : Antara, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x