Kompas TV nasional rumah pemilu

Sekjen PAN: Setiap Pilkada, Pemilu hingga Pilkades Pasti Selalu Ada Klaim Kecurangan

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 20:31 WIB
sekjen-pan-setiap-pilkada-pemilu-hingga-pilkades-pasti-selalu-ada-klaim-kecurangan
Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menjelaskan maksud pernyataan wacana koalisi besar di bawah komando Presiden Jokowi, Senin (10/4/2023) di Sapa Indonesia Pagi Kompas TV. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyebut, dalam setiap gelaran pesta demokrasi, seperti pilkada, pemilu, hingga pilkades pasti selalu ada yang mengklaim telah terjadi kecurangan. 

Hal ini merespons kubu capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menyatakan telah terjadi kecurangan dalam pelaksanaan Pilpres 2024. 

Baca Juga: TPN Luncurkan Investigasi Pilpres 2024, Sebut Dinodai Kecurangan Terstruktur, Sistematis, dan Masif

"Dalam setiap pilpres, dalam setiap pilkada, dalam setiap pemilu bahkan pilkades pun pasti ada klaim kecurangan," kata Eddy di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). 

"Tentu kalau ada kecurangan jalurnya sudah ada melalui penegakan hukum terpadu dan saya kira jalur yang sudah disediakan itu bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan klaimnya kalau ada kecurangan itu," sambungnya. 

Ia meyakini jagoannya, yakni pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bisa memenangkan pesta demokrasi lima tahunan itu dengan satu putaran. 

"Kami merasa sangat optimis bahwa sekali putaran itu akan terjadi, berapa marginnya, tetapi kami tidak akan terlalu jauh dari hasil quick count saat ini," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud, Arsyad Rasyid menyatakan, pihaknya meluncurkan investigasi Pilpres 2024.

Arsyad mengklaim pilpres kali ini dinodai kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif.

"Kami juga bersamaan dengan itu mendapatkan informasi bahwa banyak sekali temuan bahwa proses Pilpres 2024 dinodai berbagai kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan juga masif yang sedang kami lakukan investigasi juga," kata Arsyad di Posko Pemenangan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga: Begini Situasi Terkini Posko TPN Ganjar-Mahfud di Teuku Umar, Jakarta Pusat

"Lalu tim hukum daripada tim TPN Ganjar masuk juga terus melakukan investigasi, ini sedang on going (berlangsung)," lanjutnya. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x