Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Litbang Kompas: Anies-Muhaimin Unggul di Aceh dan Sumbar, Sisanya Dikuasai Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 12:37 WIB
survei-litbang-kompas-anies-muhaimin-unggul-di-aceh-dan-sumbar-sisanya-dikuasai-prabowo-gibran
Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Posko Pemenangan 01 di Jakarta, Rabu (14/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Berdasarkan Survei Litbang Kompas pascapencoblosan, pasangan Anies-Muhaimin mendapatkan dukungan kuat di 2 provinsi yakni Aceh dan Sumatera Barat.

Dengan catatan, angka tersebut berdasarkan hasil hitung cepat sampai dengan jumlah TPS masuk sebanyak 1.661 dari 2.000 TPS sampel.

Selain Aceh dan Sumatera Barat, perolehan yang cukup tinggi untuk Anies-Muhaimin juga terjadi di DKI Jakarta dan Banten. Kendati demikian, perolehan Anies-Muhaimin untuk dua wilayah tersebut masih tetap berada di bawah angka Prabowo-Gibran.

Di DKI Jakarta, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 38,9 persen dari psangan Anies-Muhaimin yang mendapatkan 35,5 persen. Begitu pun untuk di Banten, Anies Muhaimin mendapat suara 35,2 persen di bawah Prabowo-Gibran yang meraih 50,7 persen.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Suara Terbesar di Semua Gugus Pulau, di Wilayah Battle Ground Mencapai 60,1 Persen

Dikutip dari Kompas.id, Prabowo-Gibran memang unggul di semua gugus pulau berdasarkan hasil survei setelah pencoblosan.

Seperti halnya di Jawa, Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan suara hingga 52,3 persen. Sedangkan di Sumatera 54,7 persen, dan Bali-Nusa Tenggara 51,6 persen. Bahkan suara Pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan selisih cukup signifikan atau mencapai di atas 60 persen di gugus Pulau Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku-Papua.

Mengacu pada data, perolehan paling rendah Prabowo-Gibran berada di DKI Jakarta dengan suara 38,9 persen. Selain itu, pasangan nomor urut 2 ini mendapatkan suara dengan mulai dari 45,5 hingga 62,6 persen.

Penguasaan suara Prabowo-Gibran juga terjadi di Provinsi Jawa. Untuk di Jawa Tengah, Prabowo-Gibran mendapatkan suara terbesar sekaligus unggul dari pasangan Ganjar-Mahfud dengan 45,5 persen berbanding 30,6 persen.

Lalu di Jawa Barat, Prabowo-Gibran tercatat mendapatkan dukungan suara 54 persen disusul Anies-Muhaimin dengan perolehan 29,5 persen dan Ganjar-Mahfud 8,5 persen.

Baca Juga: Analisis Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Didukung Gen Z, Kalangan Pendidikan dan Lintas Agama

Kemudian untuk di Jawa Timur yang merupakan wilayah battle ground, pasangan Prabowo-Gibran unggul mutlak 60,1 persen. Perolehan ini menempatkan selisih yang sangat jauh dari kedua pasangan lainnya, yaitu Ganjar-Mahfud dengan hasil 15,5 persen dan Anies-Muhaimin 13,4 persen.

Dengan hasil ini, untuk ketentuan bahwa pemenang pilpres juga harus dapat menguasai lebih dari 50 persen jumlah provinsi dengan raihan suara minimal 20 persen tampaknya dengan mudah terlampaui oleh Prabowo-Gibran. Sebab, persyaratan penguasaan suara terkait sebaran geografis relatif sudah terpenuhi oleh pasangan Prabowo-Gibran.

Hitung cepat (quick count) Pemilihan Presiden 2024 yang dilakukan Litbang Kompas pada 14 Februari 2024 menunjukkan, perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mencapai 58,73 persen. Sementara kedua pasangan lainnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapatkan 25,10 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,17 persen.


 

Saat jumlah sampel masuk sebesar 88,45 persen pada pukul 21.21 dan dengan hasil ini, pilpres diprediksi akan berlangsung satu putaran.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x