Kompas TV nasional rumah pemilu

Siap Tampung Caleg Stres di Pemilu 2024, RSJ Prof Dr Ildrem Sumut Tambah 100 Tempat Tidur

Kompas.tv - 18 Februari 2024, 12:16 WIB
siap-tampung-caleg-stres-di-pemilu-2024-rsj-prof-dr-ildrem-sumut-tambah-100-tempat-tidur
Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Ildrem Provinsi Sumatera Utara telah menambah ruang tambahan untuk menanggapi kemungkinan kedatangan calon legislatif (caleg) yang mengalami stres pasca-pemilu 2024. (Sumber: Tribun News)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

MEDAN, KOMPAS.TV - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Ildrem Provinsi Sumatera Utara telah menambah ruang tempat tidur menanggapi kemungkinan kedatangan calon legislatif (caleg) yang mengalami stres pasca-pemilu 2024.

Direktur Umum RSJ Prof Dr Ildrem, Ismail Lubis menyatakan, pihak rumah sakit telah menyiapkan tambahan 100 tempat tidur untuk mengantisipasi kebutuhan penanganan bagi caleg yang mengalami stres.

“Kita punya kapasitas tempat tidur 300 dan akan ada penambahan 100 tempat tidur lagi. Namun kita berharap kepada caleg ini harus kuat," katanya, Rabu (14/2).

Ia juga menegaskan, RSJ Prof Dr Ildrem tidak hanya melayani pasien dengan gangguan jiwa.

Melainkan juga menyediakan layanan medis lainnya seperti untuk anak-anak, penyakit dalam, gigi, neurologi, kulit, dan radiologi.

Ricky W. Tarigan dari Poli Klinik RSJ Prof Dr Ildrem menambahkan, sebelum mengalami gangguan jiwa, ada beberapa gejala awal yang perlu diperhatikan seperti rasa khawatir yang berlebihan dan kesulitan tidur.

Baca Juga: Alasan Butet Kartaredjasa Yakin Ganjar Mahfud Menang Pilpres

“Maka kami menyarankan apabila ada tanda-tanda awal prodromal itu muncul lebih baik melakukan wawancara, screening atau konsultasi," ungkapnya.

Dikatakannya, jangan malu dan lepaskan stigma bahwa orang yang datang ke dokter spesialis jiwa itu identik dengan ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa.

"Jadi para caleg untuk bisa datang ke sini jika mengalami gangguan serupa sebelum terjadi gangguan jiwa,” terangnya.

Ricky juga menekankan pentingnya menghilangkan stigma terhadap kunjungan ke dokter spesialis jiwa, dan mengimbau para caleg yang mengalami gejala serupa untuk datang dan mendapatkan bantuan sebelum masalah tersebut berkembang menjadi gangguan jiwa yang lebih serius.

“Jadi untuk pravalensi teman-teman caleg ini, mungkin secara individual tidak bisa kita sampaikan tapi secara teori ada potensi mengalami gangguan jiwa," jelasnya.

Ia mengimbau jika ada mengalami gangguan awal, silahkan datang ke RSJ Prof Ildrem, sebab pelayanan siap 24 jam.

"Jadi jika sudah mulai memiliki gangguan tersebut, silahkan datang, kami akan memberikan pelayanan kepada mereka para caleg tersebut,” ucapnya dikutip dari Tribun News.

Ia menegaskan, RSJ Prof Dr Ildrem siap memberikan pelayanan 24 jam bagi siapa pun yang membutuhkan, termasuk para caleg yang mungkin mengalami gangguan jiwa atau stres pasca-pemilu.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Apapun Hasil Pilpres 2024 Dirinya Akan Tetap Berjuang untuk Demokrasi



Sumber : Kompas TV, Tribun News



BERITA LAINNYA



Close Ads x