Kompas TV nasional politik

Profil Hadi Tjahjanto yang Resmi Jadi Menko Polhukam, Pernah Jabat Panglima TNI

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 12:01 WIB
profil-hadi-tjahjanto-yang-resmi-jadi-menko-polhukam-pernah-jabat-panglima-tni
Hadi Tjahjanto resmi menjabat Menko Polhukam. (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hadi Tjahjanto resmi dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024).

Hadi menggantikan Mahfud MD yang sebelumnya mengundurkan diri karena menjadi cawapres Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Jabatan Menko Polhukam sempat dijabat oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam pelantikan, Hadi mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Jokowi.

Baca Juga: Resmi! Jokowi Lantik AHY sebagai Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah yang dikatakan Hadi, mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.”

Profil Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto merupakan pria yang lahir di Malang, Jawa Timur, pada 8 November 1963. Hadi berasal dari keluarga militer. Ayahnya yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, mendapatkan tugas militer di Malang.

Ayah Hadi berpangkat Kopral dengan pangkat terakhir Sersan Mayor (Teknik).

Hadi dikenal sebagai sosok yang cerdas sejak menempuh pendidikan SMA di Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) Malang (kini bernama SMAN 1 Lawang) jurusan IPA,

Jurusan itu disebut membuatnya mudah dalam merintis karier sebagai penerbang TNI AU.

Hadi Tjahjanto lulus dari Akademi Angkatan Udara (AAU) dan dilantik sebagai perwira TNI AU dengan pangkat Letda oleh Presiden Soeharto pada 1986.

Ia pun bertugas di Skadron Udara 4 yang bermarkas di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Pada 1993, kariernya naik menjadi Kepala Seksi Latihan Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh. Hingga pada 1996, ia memimpin pesawat angkut berat sebagai Komandan Flight Ops A Flightlat Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh.

Baca Juga: Didampingi Istri, Hadi Tjahjanto Tiba di Istana Kepresidenan, Akan Dilantik Jadi Menko Polhukam

Kariernya semakin naik dan Hadi menduduki berbagai jabatan, seperti Komandan Pangkalan Udara Adi Soemarmo (2010-2011), Kepala Dinas Penerangan TNI AU (2012-2015), Sekretariat Militer Presiden (2015-2016), hingga Kepala Staf TNI AU (2017-2018).

Pada 2017, ia dicalonkan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Hadi resmi dilantik sebagai Panglima TNI pada 8 Desember 2017.

Pada 15 Juni 2022, Hadi ditunjuk untuk menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x