Kompas TV nasional humaniora

Wapres Minta Pemda Tangani Sampah secara Terintegrasi dari Hulu ke Hilir

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 07:57 WIB
wapres-minta-pemda-tangani-sampah-secara-terintegrasi-dari-hulu-ke-hilir
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat memberi sambutan di acara HUT ke-51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV  -  Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah menangani sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir, dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular.

Ma’ruf menyampaikan hal itu saat memberikan Penghargaan Adipura 2023 di Auditorium Manggala Wanabhakti, Kementerian LHK, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Ma’ruf meminta sistem penanganan sampah tidak lagi dilaksanakan secara konvensional, tetapi harus mulai memanfaatkan teknologi modern.

“Saya minta pemerintah daerah agar dapat melaksanakan kegiatan penanganan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir, dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular dan berbasis teknologi ramah lingkungan,” pintanya, dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga: Menteri Senior Israel Nekat Akan Temui Wapres AS Meski Dilarang Netanyahu

Ia juga mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk mencapai berbagai target nasional pengelolaan lingkungan, termasuk target Jakstranas Tahun 2025 dan Nol Sampah Nol Emisi Tahun 2050. Salah satunya dengan cara melibatkan peran aktif masyarakat.

Diketahui, pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017, telah menetapkan target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengurangan sampah sebesar 30 persen, dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

“Pengelolaan sampah yang tidak baik dapat memberikan permasalahan lingkungan, untuk saat ini, dan saat mendatang. Oleh karena itu, diperlukan edukasi dan sosialisasi untuk mengubah paradigma dan perilaku masyarakat dalam penanganan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Dewan Komisaris dan Direksi KAI, Ini Daftar Terbarunya

Ia juga menginstruksikan penyempurnaan Program Adipura agar sesuai dengan arah kebijakan, kebutuhan, dan tantangan yang berkembang.

“Melalui program ini, pemerintah daerah dapat didorong untuk mewujudkan Tata Praja Lingkungan atau kepemerintahan yang baik di bidang lingkungan hidup,” ujarnya.


 



Sumber : Tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x