Kompas TV nasional humaniora

Selama Ramadan Masjid Istiqlal Siapkan 6 Ribu Makanan Buka Puasa dan 2,5 Ribu buat Sahur

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 06:00 WIB
selama-ramadan-masjid-istiqlal-siapkan-6-ribu-makanan-buka-puasa-dan-2-5-ribu-buat-sahur
Penampakan ruang utama Masjid Istiqlal setelah direnovasi dan ditambahkan sistem pencahayaan baru. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengelola Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat menyiapkan 4 ribu hingga 6 ribu bungkus makanan untuk buka puasa bersama dan 2.500 makanan untuk sahur bersama selama bulan Ramadan. 

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Chawidu menjelaskan makanan buka puasa bersama ini disediakan untuk para jemaah yang ingin melaksanakan ibadah di Masjid Istiqlal.

Ismail mengimbau agar para jemaah yang ingin beribadah di Masjid Istiqlal datang lebih awal untuk mengantisipasi rebutan tempat mengingat banyaknya jemaah berbadah di bulan suci Ramadan.

Menurut Ismail jumlah makanan berbuka puasa yang disiapkan lebih banyak dari tahun lalu. 

Di Ramadan 1444 Hijriah, BPMI menyediakan 3 ribu kotak makanan gratis untuk hari Senin hingga Kami dan 4 ribu nasi kotak untuk hari jumat hingga Minggu.

Baca Juga: Tarawih Pertama di Masjid Istiqlal, Ini Daftar Imam, Bilal, Qori dan Penceramahnya

Kini jumlah tersebut dinaikkan menjadi 4 ribu kotak untuk hari Senin hingga Kamis dan 6 ribu kotak untuk hari Jumat hingga Minggu. 

Ismail mengatakan penyediaan makan berbuka gratis tersebut dibantu oleh 11 katering. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar makanan tetap terjaga dan tidak basi.

"Kita nggak dirikan dapur umum. Prosesnya kita dibantu oleh 11 katering karena kalau melayani 4.000-6.000 boks kan nggak mungkin satu katering. Kita juga jaga makanan jangan sampai basi karena jam 16.00 sudah harus siap," ujar Ismail, Senin (11/3/2024).

Ismail menambahkan masyarakat yang ingin beribadah di Masjid Istiqlal selama bulan Ramadan diimbau datang lebih awal mengingat banyaknya pengunjung di bulan suci Ramadan.

Kemudian para orang tua diimbau dapat mendampingi anak-anaknya selagi berada di lingkungan masjid, dan berpakaian yang rapi dan sopan, serta tidak berlebih-lebihan.

Baca Juga: Cara Kota Frankfurt Sambut Ramadan 2024, Sinari Jalanan Utama dengan Dekorasi Muslim

"Kalau di akhir pekan, Jumat sampai Minggu itu jamaah membludak jadi kami naikkan jadi 6 ribu boks dan kami juga siapkan Sahur bersama 2.500 boks," ujar Ismail. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x