Kompas TV nasional rumah pemilu

Gibran Tak Dampingi Prabowo Usai Penetapan Hasil Pemilu di Kertanegara, Alasannya Bekerja

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 16:50 WIB
gibran-tak-dampingi-prabowo-usai-penetapan-hasil-pemilu-di-kertanegara-alasannya-bekerja
Bakal capres cawapres KIM, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di KPU untuk daftar sebagai peserta Pilpres 2024, Rabu (25/10/2023). Prabowo-Gibran berdasarkan rekapitulasi nasional Pemilu 2024 oleh KPU ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024. (Sumber: Tribunnews/Mario Sumampow)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengaku bekerja sebagai wali kota sehingga tidak mendampingi Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024, Rabu (20/3/2024) malam.

Usai pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gibran tidak terlihat saat Prabowo menyampaikan keterangan dan di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

Gibran mengaku melaksanakan tugasnya sebagai wali kota dan sudah berkomunikasi dengan presiden terpilih tersebut. Putra Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi ini juga mengaku akan mengagendakan pertemuan dengan Prabowo.

"Saya kan sudah berkali-kali bilang, pekerjaan Wali Kota masih saya nomor satukan," kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Surakarta, Kamis (21/3), dikutip dari tayangan Indonesia Update KompasTV.

"Sudah (komunikasi dengan Prabowo), nanti dijadwalkan (bertemu)."

Baca Juga: Panglima TNI Petakan 15 Provinsi Paling Rawan dalam Pilkada Serentak 2024, Ini Rinciannya

Saudara kandung dari Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep itu juga mempersilakan pihak-pihak yang hendak menggugat hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tim Anies-Muhaimin diketahui telah melayangkan gugatan, sedangkan tim Ganjar-Mahfud dilaporkan mempersiapkan gugatan.

"Silakan dibawa ke ranah hukum. Kan ada jalurnya sendiri. Silakan, monggo," kata Gibran.

"Sudah ada yang ngurus. Sudah dipersiapkan. Silakan, yang penting tertib kondusif, itu saja."

Di lain sisi, Gibran berterima kasih kepada KPU, TNI-Polri, dan masyarakat Indonesia atas kelancaran Pemilu 2024.

"Ya jelas terima kasih karena pemilu sudah berjalan dengan lancar. TNI-Polri, seluruah masyarakat Indonesian, terima kasih. Pemilu berjalan dengan lancar," kata Gibran.

Berdasarkan penetapan KPU, Rabu (20/3), Prabowo-Gibran menjadi pemenang Pilpres 2024 dengan 96.214.691 suara. Sedangkan Anies-Muhaimin mendapat 40.971.906 suara dan Ganjar-Mahfud 27.040.878.

Baca Juga: Soal Surya Paloh Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, Wakil Ketua TKN: Beliau Kesatria


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x